Doa Minum Air Zamzam yang Penuh Berkah, Jemaah Haji Harus Tahu

Hadi Mulyono
Kamis 08 Juni 2023, 15:42 WIB
Ilustrasi air zamzam. (Sumber : pexels.com/Aleksandr Slobodianyk)

Ilustrasi air zamzam. (Sumber : pexels.com/Aleksandr Slobodianyk)

LABVIRAL.COM - Bagi para jemaah haji yang sedang berada di Tanah Suci, bacaan doa minum air zamzam perlu diketahui agar bisa meraih keutamaannya.

Sumur zamzam ini terletak di dalam Masjid Al Haram dengan jarak sekitar 20 meter saja di sebelah timur Ka'bah yang menjadi kiblatnya umat Islam seluruh dunia.

Berhubung air tersebut sangat mulia dan mempunyai segudang manfaat, umat Islam yang meminumnya dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu.

Baca Juga: 4 Keutamaan Doa iftitah Allahumma Baid Baini

Doa minum air zamzam

Berikut merupakan bacaan doa ketika meminum air zamzam meski seteguk, yang biasa dijadikan oleh-oleh dari Tanah Suci setelah seseorang menunaikan ibadah haji atau umroh.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma inni as-aluka i'lman naafi'an, wa rizqan waasi'an, wasyifaa-an min kulli daa-in, wa saqamin birahmatika yaa arhamarraahimiin.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada engkau ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari tiap penyakit dengan rahmat-Mu. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Baca Juga: Doa Iftitah yang Jarang Diketahui Selain Allahumma Baid Baini dan Kabiro

Manfaat air zamzam

Keutamaan air zamzam dari Makkah tidak perlu diragukan lagi karena sudah dibuktikan melalui banyak penelitian.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini