Kisah Wafatnya Nabi Muhammad yang Membuat Sahabat Umar Tak Percaya

Hadi Mulyono
Jumat 09 Juni 2023, 09:05 WIB
Ilustrasi kisah wafatnya Nabi Muhammad. (Sumber : pexels.com/ALPEREN GÜMÜŞSOY)

Ilustrasi kisah wafatnya Nabi Muhammad. (Sumber : pexels.com/ALPEREN GÜMÜŞSOY)

LABVIRAL.COM - Detik-detik wafatnya Nabi Muhammad saw tercatat dalam sejarah besar umat Islam yang tidak boleh dilupakan.

Manusia yang menjadi penutup para nabi tersebut meninggal dunia setelah mengalami sakit selama beberapa hari. Beliau mewariskan begitu banyak keteladanan mulai dari perkataan, perbuatan hingga wahyu Al-Qur'an yang diberikan Allah Swt.

Untuk mengenang manusia terbaik sepanjang masa tersebut, berikut ini Labviral.com bagikan kisah wafatnya Nabi Muhammad saw yang dirangkum dari berbagai sumber. Simak sampai habis ya!

Baca Juga: 2 Doa Nabi Musa yang Bisa Memudahkan Segala Urusan dalam Kehidupan

Kisah wafatnya Nabi Muhammad

Berbagai riwayat hadis menceritakan bagaimana Rasulullah saw meninggal dunia hingga menyisakan duka mendalam bagi seluruh umat Islam.

Dari Aisyah, istri Nabi Muhammad, beliau berkata, "Ketika Rasulullah sakit parah pada saat wafatnya, dia memasukkan tangan kanannya ke dalam air, kemudian dia menciumnya dan mengusapkannya ke wajahnya, lalu berkata, 'Tidak ada Tuhan selain Allah. Sesungguhnya kematian memang memiliki rasa sakit.'" (HR. Imam Bukhari).

Berdasarkan literatur sejarah Islam, Nabi saw sebelum menghembuskan napas terakhir mengalami sakit yang cukup parah selama beberapa hari.

Baca Juga: 4 Keutamaan Telaga Kautsar Menurut Hadis Nabi Muhammad saw

Beliau berada di rumah istrinya Aisyah dan terbaring di tempat tidur yang terhubung langsung dengan masjid, sembari menyampaikan beberapa nasihat salah satunya bahwa Al-Qur'an dan sunnah menjadi pedoman hidup manusia.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini