Kapan Wafatnya Nabi Muhammad dalam Kalender Masehi? Simak Kisahnya di Sini

Hadi Mulyono
Jumat 09 Juni 2023, 13:49 WIB
Wafatnya Nabi Muhammad. (Sumber : unsplash.com/Ahmet Kürem)

Wafatnya Nabi Muhammad. (Sumber : unsplash.com/Ahmet Kürem)

LABVIRAL.COM - Sejarah wafatnya Nabi Muhammad saw merupakan peristiwa besar yang harus diketahui dan diimani oleh setiap muslim di seluruh dunia.

Meninggalnya manusia tanpa dosa tersebut membuktikan bahwa semua makhluk yang bernyawa pasti tidak akan terlepas dari kematian.

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ ٱلْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۖ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ ٱلنَّارِ وَأُدْخِلَ ٱلْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَآ إِلَّا مَتَٰعُ ٱلْغُرُورِ

Kullu nafsin żā`iqatul maụt, wa innamā tuwaffauna ujụrakum yaumal-qiyāmah, fa man zuḥziḥa 'anin-nāri wa udkhilal-jannata fa qad fāz, wa mal-ḥayātud-dun-yā illā matā'ul-gurụr.

Baca Juga: Diabadikan Al-Qur'an, Ini Kisah Nabi Khidir Ketika Menjadi Guru Nabi Musa

Artinya: "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan." (QS. Ali Imran ayat 185).

Kapan wafatnya Nabi Muhammad?

Nabi Muhammad saw menghembuskan napas terakhir pada tanggal 8 Juni 632 M dalam usia ke-63 tahun. Hal ini sekaligus menjadi bukti bahwa rata-rata umur umat Rasulullah saw berada di kisaran angka 60-an tersebut.

Baca Juga: Isi Khotbah Nabi Muhammad saat Haji Wada yang Mengharukan

Dalam penanggalan Hijriyah, Rasulullah saw wafat pada hari Senin, 12 Rabiul Awal tahun 11 H. Itu artinya, beliau meninggal saat berulang tahun karena Nabi saw lahir pada 12 Rabiul Awal tahun Gajah.

Menurut catatan sejarah, Rasulullah saw meninggal setelah mengalami sakit selama beberapa hari di rumah istrinya, Aisyah radhiallahuanha. Beliau meninggal setelah pulang dari ibadah haji Wada yang merupakan haji terakhir Nabi Muhammad saw.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini