Sholat Idul Adha 2023 Dilaksanakan pada Tanggal Berapa? Yuk, Catat Jadwalnya

Hadi Mulyono
Jumat 09 Juni 2023, 14:49 WIB
Ilustrasi sholat Idul Adha. (Sumber : unsplash.com/Annas Arfnahri)

Ilustrasi sholat Idul Adha. (Sumber : unsplash.com/Annas Arfnahri)

LABVIRAL.COM - Bertepatan dengan datangnya bulan Juni 2023, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Idul Adha atau yang biasa dikenal dengan istilah hari raya kurban.

Pada saat itu, kita disunnahkan untuk menunaikan ibadah sholat Idul Adha secara berjemaah sesuai dengan ketentuan syar'i.

Dalam sebuah riwayat dari Umar bin Khattab ra ia berkat, "Pada kedua hari ini Nabi saw telah melarang orang berpuasa, yaitu pada hari raya Idul Fitri sesudah Ramadan dan hari raya Idul Adha sesudah wukuf di Arafah." (HR. Bukhari).

Baca Juga: Keutamaan Membaca Doa Iftitah Sesuai Hadis Setiap Salat

Hari raya tersebut jatuh pada tanggal 10 Zulhijah setiap tahunnya dalam penanggalan kalender hijriyah. Pertanyaannya, kapan sholat Idul Adha 2023 akan dilaksanakan di Indonesia? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini yuk!

Jadwal sholat Idul Adha 2023

Kepastian kapan Idul Adha 2023 diperingati, masih belum diumumkan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag).

Baca Juga: Hukum Membaca Doa Qunut Salat Witir Jelang Berakhirnya Bulan Ramadan

Alasannya, karena pemerintah masih harus melakukan sidang isbat seperti halnya ketika menentukan awal Ramadan maupun 1 Syawal (Idul Fitri).

Akan tetapi jika melihat edaran SKB 3 Menteri, hari raya Idul Adha 2023 diperkirakan jatuh pada tanggal Kamis, 29 Juni 2023 yang dijadikan sebagai hari libur nasional.

Jadwal sholat Idul Adha 2023 Muhammadiyah

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini