Sholat Idul Adha Lebih Baik di Masjid atau Lapangan? Begini Kata Hadis Nabi

Hadi Mulyono
Selasa 13 Juni 2023, 20:01 WIB
Ilustrasi sholat Idul Adha. (Sumber : unsplash.com/Levi Meir Clancy)

Ilustrasi sholat Idul Adha. (Sumber : unsplash.com/Levi Meir Clancy)

LABVIRAL.COM - Pelaksanaan sholat Idul Adha 2023 tinggal menghitung hari. Umat muslim di seluruh dunia dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban serta menunaikan sholat sunnah tersebut.

Perihal ibadah yang dilengkapi dengan khotbah itu, masih sering muncul apakah sholat Idul Adha lebih baik di masjid atau lapangan yang bisa menampung banyak jemaah.

Maka dari itu, berikut ini Labviral.com bagikan penjelasan selengkapnya mengenai tempat paling utama untuk mengerjakan sholat Id. Simak sampai habis ya!

Baca Juga: Keutamaan Membaca Doa Iftitah Sesuai Hadis Setiap Salat

Tempat terbaik untuk sholat Id

Tata cara mengerjakan sholat Idul Adha pada dasarnya sama persis dengan sholat Idul Fitri, dan perbedaan hanya terletak pada bacaan niatnya.

Disadur dari laman Universitas Islam An-Nur Lampung pada Selasa, 13 Juni 2023, tidak ada dalil yang mengharuskan sholat Id dilaksanakan di tanah lapang.

Akan tetapi, terdapat sebuah hadis Nabi Muhammad saw yang menunjukkan bahwa beliau mengerjakan sholat sunnah dua rakaat tersebut di lapangan.

Baca Juga: Hukum Membaca Doa Qunut Salat Witir Jelang Berakhirnya Bulan Ramadan

Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, ia berkata, "Rasulullah saw keluar pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha ke tempat sholat (lapangan), maka yang pertama kali beliau mulai adalah sholat." (HR. Bukhari dan Muslim).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini