5 Keutamaan Membaca Surah Ar Rahman pada Malam Jumat

Hadi Mulyono
Selasa 20 Juni 2023, 16:55 WIB
Keutamaan membaca Surah Ar Rahman. (Sumber : pexels.com/Abdulmeilk Aldawsari)

Keutamaan membaca Surah Ar Rahman. (Sumber : pexels.com/Abdulmeilk Aldawsari)

LABVIRAL.COM - Berikut ini akan dijelaskan apa saja keutamaan membaca Surah Ar Rahman yang senantiasa mengingatkan manusia akan nikmat yang dianugerahkan Allah Swt.

Kalam ilahi yang merupakan surah ke-55 dalam Al-Qur'an tersebut terdiri dari 78 ayat dan tergolong surah Makkiyah karena diturunkan di kota Makkah.

Surah Ar Rahman sangat dianjurkan untuk dibaca setiap hari, terlebih ketika memasuki malam Jumat. Lalu apa saja keutamaannya? Simak sampai habis ya!

Baca Juga: Surah Al Fatihah Berapa Ayat? Begini Penjelasan Para Ulama

1. Mengajarkan kita akan pentingnya bersyukur

Surah ini berulang kali menyinggung manusia tentang betapa besar nikmat yang diberikan Allah. Maka dari itu, kita diperintahkan untuk senantiasa bersyukur karena tidak ada satu pun manusia yang mampu menghitung nikmat dari Allah.

Dalam sebuah hadis dari Abdullah bin Umar ra, beliau berkata, "Sesungguhnya Rasulullah saw suatu ketika membaca Surah Ar Rahman atau dibacakan surah itu di hadapan beliau, kemudian beliau bersabda, "Tidak pernah aku mendengar jawaban jin yang lebih baik kepada Tuhannya daripada kalian semua."

Para sahabat bertanya, "Jawaban apakah itu wahai Rasulullah?". Lalu beliau menjawab, "Tatkala aku sampai pada ayat فَبِأَيِّ آَلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ)" mereka jin selalu berkata: "Tidak ada satu pun nikmat Tuhan kami yang kami dustakan." (HR. Abu Ja'far bin Jarir).

Baca Juga: Bacaan Ayat Sholat Tahajud yang Dibaca Setelah Surah Al Fatihah

2. Meningkatkan iman dan takwa

Membaca surah ini utamanya pada malam Jumat diyakini bisa meningkatkan iman dan takwa kepada Allah Swt.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini