Profil Panji Gumilang, Pimpinan Ponpes Al Zaytun yang Ajarannya Tuai Sorotan

Sunardi
Rabu 21 Juni 2023, 20:13 WIB
Panji Gumilang yang menjadi pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun. (Sumber : YouTube/viva.co.id)

Panji Gumilang yang menjadi pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun. (Sumber : YouTube/viva.co.id)

LABVIRAL.COM - Akhir-akhir ini Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun menjadi sorotan lantaran membuat pernyataan dan tata cara ibadah yang tuai kontroversi. Ponpes tersebut pun ramai menjadi perbincangan hangat oleh publik.

Di balik kontroversi yang ada adi Ponpes Al Zaytun tersebut, sosok Panji Gumilang menjadi sorotan tersendiri. Ia yang merupakan pimpinan pondok tersebut juga turut menjadi perbincangan.

Terlepas dari hal kontroversial itu, di Ponpes Al Zaytun mengklaim juga menganut kurikulum yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama.

Namun, menurut Panji Gumilang, dikutip dari kompas.com, bahwa di Ponpes Al Zaytun juga mengkombinasikan adanya muatan lokal yang dikembangkan. Seperti adanya pendidikan hak asasi manusia dan jurnalistik.

Baca Juga: Ketua MUI Puji Ridwan Kamil 'Turun Gunung' Selesaikan Masalah Ponpes Al Zaytun yang Bikin Resah dan Gaduh

Baca Juga: Klarifikasi Lucky Hakim Setelah Ikut Nyanyikan Salam Aneh Ponpes Al Zaytun

"Apa yang kami didikkan di sini sesungguhnya adalah aplikasi bagaimana hidup berketuhanan, memiliki jiwa kemanusiaan yang berkeadilan dan beradab," kata Panji Gumilang.

Lalu, siapakah sosok Panji Gumilang ini?

Profil Panji Gumilang

Panji Gumilang ini memiliki nama lengkap Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang. Ia adalah pria yang lahir di Gresik, Jawa Timur pada 30 Juli 1946. Ia menempuh pendidikan di sekolah Arab yang berada di Gresik.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini