6 Doa untuk Anak yang Baru Lahir Sesuai Sunnah, Begini Urutannya

Hadi Mulyono
Senin 26 Juni 2023, 14:43 WIB
Doa untuk anak yang baru lahir. (Sumber : unsplash.com/Anastasia Zhenina)

Doa untuk anak yang baru lahir. (Sumber : unsplash.com/Anastasia Zhenina)

LABVIRAL.COM - Membaca sejumlah doa untuk anak yang baru lahir tentu sangat dianjurkan dalam agama Islam agar terbiasa mendengar kalimat yang menyebut nama Allah sejak bayi.

Walau sebagian pihak ada yang mempersoalkan dalilnya, namun jumhur ulama mengatakan bahwa hal yang demikian justru sangat baik bagi perkembangan bayi.

Bisa dibayangkan jika bayi sejak lahir langsung diperdengarkan lantunan ayat-ayat suci, tentu hal tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan musik metal.

Baca Juga: Ijazah Doa Agar Cepat Dapat Jodoh dari Gus Mus

Lantas, apa saja bacaan doa untuk anak yang baru lahir? Tanpa perlu bertele-tele langsung saja simak sampai habis artikel ini yuk!

1. Membaca azan

Menurut para ulama, melantunkan azan hukumnya sunnah bagi si ayah dari bayi yang bersangkutan. Caranya azan tersebut diperdengarkan pada telinga bayi sebelah kanan.

2. Membaca iqamah

Setelah ayah dari si bayi selesai mengumandangkan azan, maka doa selanjutnya disambung dengan iqamah pada telinga bayi sebelah kiri.

Baca Juga: Lirik Sholawat Man Ana Terlengkap, Sebuah Doa untuk Guru Tercinta

3. Membaca Surah Al-Qadr

Doa untuk bayi yang baru lahir selanjutnya ialah dengan membacakan Surah Al-Qadr. Meski surah pendek, tetapi menurut para ulama ayat suci ini bisa menghindarkan anak dari perbuatan zina seumur hidupnya.

4. Membaca Surah Al-Insyirah

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini