Makna Wukuf di Arafah 2023, Jadwal hingga Doa yang Bisa Dipanjatkan

Hadi Mulyono
Selasa 27 Juni 2023, 16:09 WIB
Wukuf di Arafah 2023. (Sumber : BPKH)

Wukuf di Arafah 2023. (Sumber : BPKH)

LABVIRAL.COM - Wukuf di Arafah 2023 menjadi topik menarik di balik pelaksanaan ibadah haji karena seluruh jemaah sedang melakukan puncak rangkaian ibadah tersebut.

Berkaitan dengan hal itu, berikut ini Labviral.com bagikan apa makna sesungguhnya di balik wukuf serta jadwal dan doa-doa yang bisa dipanjatkan saat berada di Arafah.

Penasaran seperti apa? Tanpa perlu berlama-lama langsung saja simak sampai habis artikel ini ya!

Makna wukuf di Padang Arafah

Ilustrasi wukuf di Padang Arafah.Ilustrasi wukuf di Padang Arafah.

Wukuf artinya berhenti sejenak. Sehingga dalam pelaksanaan ibadah haji, ritual yang satu ini bermakna bahwa seluruh jemaah harus berhenti sejenak dari segala macam aktivitas, untuk kemudian berdoa, berzikir atau membaca Al-Qur'an di Padang Arafah.

"Ini mengisyaratkan, segala yang semula bergerak, suatu saat akan berhenti. Semua yang hidup akan mati,” kata Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin dikutip dari Kemenag pada Selasa, 27 Juni 2023.

Ia menambahkan, Arafah yang terkenal akan cuaca panasnya menjadi simbol Padang Mahsyar, ketika seluruh manusia menghadap Allah Swt.

Di sana, semua manusia merasa cemas, dan penuh harap menunggu pengadilan akhirat untuk menuju surga atau neraka yang dijanjikan-Nya.

"Arafah adalah lambang maqam ma’rifah billah. Semua perbedaan sirna. Semua berstatus sama, sebagai hamba Allah,” tambah Fauzin.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini