5 Kedahsyatan Surah Al Ikhlas yang Jarang Diketahui

Hadi Mulyono
Rabu 28 Juni 2023, 14:17 WIB
Adab membaca Al-Qur'an. (Sumber : pexels.com/beytlik)

Adab membaca Al-Qur'an. (Sumber : pexels.com/beytlik)

LABVIRAL.COM - Surah Al Ikhlas merupakan salah satu firman Allah Swt yang tergolong pendek namun mempunyai keutamaan yang luar biasa.

Hampir setiap muslim hafal dengan surah yang satu ini, karena sering dibaca ketika salat, baik fardhu maupun sunnah. Terdiri dari empat ayat, Surah Al Ikhlas termasuk surah Makkiyah karena diturunkan di kota Makkah.

Lalu apa saja kedahsyatan Surah Al Ikhlas yang perlu diketahui setiap muslim? Simak sampai habis artikel ini ya!

Baca Juga: Bacaan Surah Al-Qadr Lengkap, Arab, Latin dan Terjemahannya

1. Pahala sepertiga Al-Qur'an

Tahukah kamu bahwa mengamalkan surah ini akan mendatangkan pahala setara dengan membaca sepertiga dari mushaf Al-Qur'an.

Dalam sebuah hadis dikatakan, "Apakah seorang di antara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Al-Qur'an dalam semalam?" Mereka mengatakan, "Bagaimana kami bisa membaca seperti Al-Qur'an?" Lalu Nabi Muhammad saw bersabda, "Qul huwallahu ahad itu sebanding dengan sepertiga Al-Qur'an." (HR. Muslim).

2. Meruntuhkan dosa

Dalam sebuah hadis dikisahkan, "Sesungguhnya Rasulullah saw masuk ke dalam sebuah masjid, tiba-tiba (ada) seseorang yang telah selesai dari salatnya, dan ia sedang bertasyahud, lalu ia bedoa:

Baca Juga: Viral Detik-detik Seorang Ibu Meninggal Dunia saat Khatam Al-Qur'an

"Ya Allah, sesungguhnya aku meminta (kepada-Mu) bahwa sesungguhnya Engkau (adalah) Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan-Nya. Ampunilah dosa-dosaku, (karena) sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini