3 Makna Idul Adha yang Lebih dari Sekadar Makan Daging Kurban

Hadi Mulyono
Kamis 29 Juni 2023, 22:01 WIB
Makna Idul Adha. (Sumber : pexels.com/Snapwire)

Makna Idul Adha. (Sumber : pexels.com/Snapwire)

LABVIRAL.COM - Di balik meriahnya hari raya kurban, terdapat beberapa makna Idul Adha yang bisa dijadikan pelajaran bagi setiap muslim.

Secara sejarah, ibadah sunnah kurban disandarkan pada pengalaman hidup Nabi Ibrahim as ketika beliau diuji untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail as.

Padahal sebagaimana diketahui, Nabi Ibrahim merupakan utusan Allah yang sulit mendapat keturunan sehingga bisa dibayangkan betapa beratnya perintah Allah untuk menyembelih anaknya.

Baca Juga: 5 Ayat Al-Qur'an tentang Perintah Berkurban saat Idul Adha

Meski begitu, pada akhirnya Allah mengganti Nabi Ismail dengan seekor domba atau kambing, yang kemudian menjadi syariat sampai saat ini. Lalu apa sebenarnya makna Idul Adha yang bisa kita pelajari bersama?

1. Ketakwaan

Dikutip dari Kemenag Jabar pada Kamis, 29 Juni 2023, Penyuluh Agama Islam Yudi Yansyah menjelaskan bahwa makna Idul Adha yang pertama adalah tentang ketakwaan.

Baca Juga: Hukum Menjual Daging Kurban, Benarkah Diperbolehkan?

Secara garis besar, takwa artinya wujud ketaatan seorang hamba kepada Allah Swt dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Kesiapsediaan Nabi Ibrahim untuk menyembelih putra kesayangannya menunjukkan tingginya tingkat ketakwaan beliau. Padahal ketika hendak melakukan ujian dari Allah tersebut, Nabi Ibrahim digoda sedemikian rupa oleh setan yang senantiasa menjerumuskan.

2. Hubungan sosial

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini