4 Informasi Sesat, Amien Rais Dalang Al Zaytun hingga Polri dan TNI Siap Kerahkan Pasukan Buat Tangkap Penjegal Anies Baswedan Nyapres

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 05 Juli 2023, 16:03 WIB
Amien Rais (dua dari kiri duduk) serukan jihad tumbangkan Jokowi. (Sumber : dok.PKSTV)

Amien Rais (dua dari kiri duduk) serukan jihad tumbangkan Jokowi. (Sumber : dok.PKSTV)

LABVIRAL.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (RI) mencatat sedikitnya terdapat empat informasi sesat atau hoaks yang beredar di masyarakat dalam dua hari terakhir.

Dari empat hoaks, tiga diantaranya berkaitan dengan politik. Pertama, ada informasi sesat bahwa Amien Rais merupakan dalang di balik polemik yang menjerat Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun.

Kedua, informasi mengenai Menteri BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto.

Baca Juga: Kontroversi JIS Veneu Piala Dunia U17

Ketiga, informasi terkait TNI dan Polri siap mengerahkan pasukan untuk menangkap pihak yang berupaya menjegal Anies Baswedan maju di Pilpres 2024.

Berikut ulasan lengkapnya sebagaimana dikutip Labviral.com dari laman Kominfo.go.id pada Rabu, 5 Juli 2023.

1. Amien Rais Dalang Utama Kontroversi Al Zaytun

Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais merupakan dalang utama di balik polemik yang menjerat Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Baca Juga: 7 Fakta Dua Mahasiswa UGM Diduga Mesum, Bu Lurah Jadi Saksi, Kejadian di Ruang Tamu

Dalam thumbnail video, termuat gambar Amien Rais yang diringkus oleh aparat keamanan disertai keterangan "BEKINGAN PANJI GUMILANG DICIDUK" dan "TERNYATA AMIEN RAIS DALANG UTAMA PONPES AL ZAYTUN".

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini