Doa Akhir Tahun Hijriyah untuk Sambut Datangnya 1 Muharram 2023

Hadi Mulyono
Selasa 11 Juli 2023, 15:24 WIB
Ilustrasi doa akhir tahun. (Sumber : unsplash.com/masjidpd)

Ilustrasi doa akhir tahun. (Sumber : unsplash.com/masjidpd)

LABVIRAL.COM - Menjelang berakhirnya bulan Zulhijah, kita sebagai muslim perlu mengetahui bagaimana bacaan doa akhir tahun Hijriyah.

Terlebih lagi jika mampu menghafalkannya, maka momen 1 Muharram 2023 yang kemungkinan akan jatuh pada tanggal 19 Juli 2023 akan semakin berkah.

Bagaimana bacaan doa akhir tahun menurut ajaran Islam? Tanpa perlu berlama-lama langsung saja simak sampai tuntas artikel ini ya!

Baca Juga: Cak Nun Jatuh Sakit, Begini Doa Minta Kesembuhan untuk Orang Lain

Doa akhir tahun Hijriyah

Berikut ini merupakan doa penutup tahun Hijriyah yang bisa kamu hafal dan amalkan, agar pada tahun baru nanti hidup menjadi lebih baik.

اَللّهُمَّ أَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ الْأَوَّلُ، وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ. وَهَذَاعَامٌ جَدْيُدٌ قَدْ أَقْبَل. أَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مَنَ الشْيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وِالْعَوْنَ عَلَى هَذه النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالْاشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَصَلَّي اللهُ عَلَي سَيّدِنَا مُحَمّدً وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِه وَسَلَّم

Allahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwal. Wa ‘alaa fadhlikal-‘azhimi wujuudikal-mu’awwal. Wa haadzaa ‘aamun jadiidun qad aqbal. Nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa-ihii wa junuudihii. Wal’auna ‘alaa haadzhihin-nafsil-ammarati bis-suu-i. Wal-isytighaala bimaa yuqarribunii ilaika zulfa. Yaa dzal-jalaali wal-ikraam. Wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam.

Baca Juga: Lahar Dingin Terjang Lumajang, Ini Doa Ketika Terjadi Banjir Bandang

Artinya: "Ya Allah Engkaulah yang abadi, dahulu, lagi awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu perlindungan dalam tahun ini dari godaan setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan ke atas para keluarga dan sahabatnya."

Demikian bacaan doa akhir tahun Hijriyah yang dikutip dari Kitab Al Jami’ Al Kabir karya Imam Suyuthi.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini