Reshuffle Kabinet, Jokowi Dinilai Balas Budi ke Relawan dan Cegah Kecemburuan Partai Koalisi Pemerintah

Zahwa Elia Azzahra
Senin 17 Juli 2023, 22:06 WIB
Presiden Jokowi melantik menteri dan wakil menteri baru di Istana Negara, Senin (17/7/2023) (Sumber : ANTARA/Desca Lidya Natalia/am.)

Presiden Jokowi melantik menteri dan wakil menteri baru di Istana Negara, Senin (17/7/2023) (Sumber : ANTARA/Desca Lidya Natalia/am.)

LABVIRAL.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik menteri dan lima wakil menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Senin, 17 Juli 2023.

Satu menteri yang diangkat presiden adalah Budi Arie Setiadi sebagai menteri komunikasi dan informasi (Menkominfo) menggantikan Johnny G. Plate yang tersandung kasus korupsi.

Budi sebelumnya menjabat sebagai wakil menteri desa, pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Budi merupakan Ketua Umum Pro Jokowi atau Projo.

Baca Juga: 10 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Sangat Recommended

Menyikapi itu, pengamat politik Ujang Komarudin menilai reshuffle kabinet yang dilakukan Jokowi beraroma politik.

"Tentu ini politik balas budi, karena Jokowi bersandar pada relawan," kata Ujang kepada wartawan.

Ujang mengatakan pemberian kursi menteri kepada Budi akan menciptakan keterikatan yang semakin solid antara Jokowi dengan relawan menjelang Pilpres 2024.

Baca Juga: 13 Kasus Kebocoran Data yang Bikin Heboh Indonesia, Terbaru 377 Juta Data Warga Indonesia

Masih kata Ujang, Jokowi lebih memilih kalangan relawan menjadi menteri daripada dari unsur partai politik untuk menghindari kecemburuan politik dalam koalisi pemerintahan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini