Doa Ketika Bersin Lengkap dengan Artinya Sesuai Sunnah

Hadi Mulyono
Jumat 21 Juli 2023, 09:12 WIB
Doa ketika bersin. (Sumber : pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Doa ketika bersin. (Sumber : pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

LABVIRAL.COM - Membaca doa ketika bersin adalah anjuran yang diajarkan Nabi Muhammad saw, sebagai wujud ucapan syukur atas nikmat tersebut.

Meski identik dengan sakit, tetapi bersin yang tidak tersalurkan justru bisa mengakibatkan sesuatu yang kurang baik bagi tubuh.

Bersin adalah keluarnya udara secara tiba-tiba dari hidung dan mulut karena tidak kuat lagi ditahan, entah karena pilek, mencium bau tak sedap, dan karena respon tubuh terhadap udara sekitar.

Baca Juga: Doa Tahiyat Akhir Lengkap dengan Hukumnya, Muslim Harus Tahu!

Maka dari itu, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa saat bersin karena perkara ini merupakan salah satu nikmat Allah yang wajib disyukuri.

Dalil doa ketika bersin

Hampir semua orang pasti pernah mengalami bersin. Dalam sejumlah hadis, Rasulullah saw mengajarkan umatnya bagaimana cara menyikapi respon tubuh tersebut.

Baca Juga: 5 Doa untuk Orang Tua, Baik yang Masih Hidup atau Sudah Meninggal

Dari Abu Hurairah ia berkata, bahwa Rasulullah saw bersabda, "Seorang muslim memiliki lima keharusan kepada muslim yang lain, menjawab salam, menengok yang sakit, mengantarkan jenazah, memenuhi undangan, dan mendoakan yang bersin." (HR. Bukhari dan Muslim).

Kemudian dalam hadis lain dikatakan dari Abu Hurairah, "Jika salah seorang di antara kamu bersin, maka ucapkanlah. 'Segala puji bagi Allah.' Dan ucapkanlah oleh saudaranya, 'Semoga Allah merahmatimu.'" (HR. Bukhari).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini