Bacaan Surah Ad Dhuha Lengkap, Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Hadi Mulyono
Senin 24 Juli 2023, 10:50 WIB
Ilustrasi Surah Ad Dhuha. (Sumber : freepik.com/freepik)

Ilustrasi Surah Ad Dhuha. (Sumber : freepik.com/freepik)

LABVIRAL.COM - Sebagian besar umat Islam, tentu sudah tidak asing lagi dengan bacaan Surah Ad Dhuha yang kerap dibaca imam saat salat berjemaah.

Selain karena tergolong surah pendek, firman Allah ini juga sangat mudah dihafal karena hanya terdiri dari 11 ayat. Akan tetapi, mungkin ada di antara pembaca yang belum hafal dengan surah ini.

Oleh sebab itu, kali ini Labviral.com akan membagikannya lengkap dengan informasi tentang Surah Ad-Dhuha.

Baca Juga: Bacaan Surah Al Furqan Ayat 64 Beserta Arti dan Isi Kandungannya

Tentang Surah Ad Dhuha

Terdiri dari 11 ayat, surah ini masuk menjadi bagian dari jus Amma (jus 30) dalam mushaf Al-Qur'an. Karena diturunkan di Kota Makkah, wahyu Allah ini tergolong surah Makkiyah dan berada di urutan ke-93 dari 114 surah di Al-Qur'an.

Nama Surah Ad-Dhuha diambil dari sumpah Allah pada ayat pertama, yakni "Demi waktu Dhuha. Adapun waktu tersebut yaitu ketika matahari sudah naik sekitar sepenggalah sampai menjelang waktu zuhur.

Pada waktu tersebut, umat Islam disunnahkan untuk mengerjakan shalat Dhuha minimal dua rakaat yang bisa memperlancar datangnya rezeki.

Meski tidak wajib dibaca dalam ibadah itu, namun Surah Ad-Dhuha sangat dianjurkan untuk diamalkan terutama pada rakaat yang pertama setelah membaca Al-Fatihah.

Baca Juga: Surah Ali Imran Ayat 134 Lengkap dengan Terjemahan dan Isi Kandungannya

Bacaan Surah Ad-Dhuha

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini