Bacaan Tashil Terdapat dalam Surah Apa? Simak Penjelasannya di Sini

Hadi Mulyono
Sabtu 05 Agustus 2023, 14:28 WIB
Ilustrasi bacaan tashil (Sumber : pixabay.com/mataqdarululum)

Ilustrasi bacaan tashil (Sumber : pixabay.com/mataqdarululum)

LABVIRAL.COM - Sebagian dari kita mungkin pernah bertanya-tanya, bacaan tashil terdapat dalam surah apa agar bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar.

Untuk membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an, setiap muslim wajib mengetahui ilmu tajwid yang berisi tentang aturan baku atau kaidahnya.

Meski begitu, terdapat beberapa kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah salah satunya bacaan tashil. Bagaimana ketentuannya? Simak sampai habis artikel ini yuk!

Baca Juga: Surah Al Anbiya Ayat 30 dan Tafsirnya, Langit dan Bumi Semula Bersatu

Mengenal bacaan tashil

Secara bahasa, tashil artinya lunak, ringan dan mudah. Sedangkan menurut istilah ilmu tajwid, diartikan sebagai teknik membaca ayat Al-Qur'an yang mengandung hamzah dan alif, di mana hamzah pertama dibaca jelas sedangkan yang kedua tidak.

Cara melafalkan bacaan tashil ialah dengan membaca hamzah pertama secara jelas, sedangkan yang kedua jika dibaca akan terdengar seperti huruf ha (ح) samar.

Kasus semacam ini tergolong langka dalam Al-Qur'an sehingga digolongkan sebagai bacaan garib. Maksudnya, bacaan tashil jarang ditemukan dan hanya ada satu di dalam Al-Qur'an.

Baca Juga: Surah Yasin Ayat 36, Bukti Allah Menciptakan Manusia Berpasang-pasangan

Contoh bacaan tashil dalam Al-Qur'an

Bacaan tashil dalam kitab suci Al-Qur'an terletak pada Surah Fushilat ayat 44 sebagai berikut.

وَلَوْ جَعَلْنَٰهُ قُرْءَانًا أَعْجَمِيًّا لَّقَالُوا۟ لَوْلَا فُصِّلَتْ ءَايَٰتُهُۥٓ ۖ ءَا۬عْجَمِىٌّ وَعَرَبِىٌّ ۗ قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ هُدًى وَشِفَآءٌ ۖ وَٱلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ فِىٓ ءَاذَانِهِمْ وَقْرٌ وَهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًى ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ يُنَادَوْنَ مِن مَّكَانٍۭ بَعِيدٍ

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini