7 Manfaat Surah Al Mulk, Salah Satunya Dijauhkan dari Siksa Kubur

Hadi Mulyono
Kamis 10 Agustus 2023, 15:26 WIB
Surah Al Mulk. (Sumber : unsplash.com/Mishary Alafasy)

Surah Al Mulk. (Sumber : unsplash.com/Mishary Alafasy)

LABVIRAL.COM - Berikut ini akan dijelaskan apa saja manfaat Surah Al Mulk yang begitu istimewa, terlebih jika dibaca setiap harinya.

Surah ke-67 dalam mushaf Al-Qur'an ini terdiri atas 30 ayat dan tergolong surah Makiyyah karena diturunkan di Kota Makkah.

Penamaannya diambil dari ayat pertama dalam surah ini yakni Al Mulk yang mempunyai arti kekuasaan atau kerajaan. Dan inilah beberapa manfaat membaca Surah Al Mulk yang perlu diketahui setiap muslim.

Baca Juga: Bacaan Imalah Terdapat dalam Surah Apa? Ini Keterangannya

1. Menghapus dosa

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw bersabda, "Terdapat Surah dari Al-Qur'an yang terdiri dari 30 ayat, surah tersebut dapat memberikan syafaat bagi 'temannya' (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu surah Tabarakallazi bi yadihil mulk." (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

2. Dijauhkan dari siksa kubur

Dari Abdullah bin Mas'ud dikatakan, "Barang siapa membaca surah Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah Swt akan menghindarkannya dari siksa kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah saw (masih hidup) menamainya " al-Mani'ah" (penghindar/penghalang). Sungguh surah tersebut ada dalam Kitabullah, barang siapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan." (HR. An Nasai).

Baca Juga: Doa Setelah Membaca Surah Al Waqiah agar Dijauhkan dari Kemiskinan

3. Mendapat syafaat

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda, "Bahwasanya satu surah dari kitab Allah yang isinya 30 ayat, dapat memberikan syafaat pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkannya dari neraka dan memasukkannya ke surga yaitu Surah 'Tabarak'. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

4. Menaikan derajat

Manfaat membaca Surah Al Mulk selanjutnya ialah dinaikkan sebanyak 30 derajat bagi siapa saja yang selalu mengamalkannya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini