Dijamin Ampuh, Berikut Bahan-bahan yang Mampu Mengusir Karat di Motor

Yowan R
Kamis 24 Agustus 2023, 17:00 WIB
Ilustrasi karat yang muncul pada bagian sepeda motor yang terbuat dari logam (Sumber : stpoil.co.id)

Ilustrasi karat yang muncul pada bagian sepeda motor yang terbuat dari logam (Sumber : stpoil.co.id)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor yang terlihat bersih dan terjaga kondisinya memang menjadi satu hal yang di idam-idamkan oleh semua orang. Sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu, sepeda motor pasti akan mengalami masalah dari segala sisi. Mulai dari mesin yang bermasalah hingga muncul karat pada bagian motor yang terbuat dari logam, tak terkecuali pada bagian rangkanya.

Munculnya karat pada bagian motor yang terbuat dari logam ini terkadang memang menjadi momok bagi pemilik motor. Sebab, tak sedikit yang bingung bagaimana cara untuk menghilangkan karat tersebut dan cara untuk mencegah agar tidak muncul karat.

Karena itu, pada artikel kali ini Labviral.com akan memberikan cara untuk menghilangkan karat dan bahan-bahan apa saja yang dapat digunakan.

Penasaran apa saja cara dan bahan-bahan yang mampu menghilangkan karat? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini yang dikutip dari laman Suzuki.

1. Menggunakan bensin dan solar

Untuk menghilangkan karat pada bagian sepeda motor yang terbuat dari logam, kamu dapat menggunakan bensin dengan nilai oktan minimal 92. Untuk melakukannya, kamu dapat mencampurkan bensin dan solar dengan perbandingan 1 : 2.

Kemudian, kamu bisa mengoleskan campuran bahan tersebut kebagian yang berkarat daan menggosoknya menggunakan sikat gigi hingga karat tersebut bersih.

2. Menggunakan oli bekas

Cara selanjutnya untuk menghilangkan karat adalah menggunakan oli bekas dengan cara mengoleskan oli bekas ke bagian yang berkarat. Kemudian, kamu dapat menggosoknya menggunakan sikat hingga karat bersih.

Selain dapat membersihkan bagian luar, oli juga bisa digunakan untuk membersihkan karat yang ada di bagian dalam. Contohnya seperti pada knalpot, kamu bisa memasukkan oli bekas ke dalam knalpot melalui lubangnya. Setelah itu, hidupkan mesin dan biarkan suhu panas untuk melunturkan karat-karat yang menempel.

3. Menggunakan pasta gigi

Selain dengan dua bahan diatas, kamu juga dapat menghilangkan karat menggunakan pasta gigi. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada bagian yang berkarat, kemudian diamkan selama beberapa menit.

Setelah didiamkan beberapa menit, kamu dapat menggosoknya menggunakan kain lap, terus lakukan cara tersebut hingga karat benar-benar menghilang.

4. Menggunakan cuka

Cara berikutnya untuk menghilangkan karat pada bagian sepeda motor adalah menggunakan bahan dapur seperti cuka. Kamu dapat membersihkan karat pada bagian-bagian yang kecil pada sepeda motor seperti baut.

Cara membersihkan karat menggunakan cuka, berbeda dengan cara-cara sebelumnya. Kamu hanya perlu merendam bagian yang berkarat semalaman. Jika sudah, kamu dapat menyikatnya hingga karat menghilang.

5. Menggunakan cairan soda

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan karat adalah menggunakan cairan soda. Caranya dengan membasahi bagian yang berkarat menggunakannya. Setelah itu, gosok-gosok menggunakan aluminium foil sampai semua karat terangkat.

Kemudian, kamu dapat membasuhnya menggunakan air hingga benar-benar bersih agar asam dari cairan soda ini tidak menimbulkan efek buruk di kemudian hari. Selain digunakan sebagai cairan pembersih karat, cairan soda juga bisa digunakan untuk membersihkan korosi.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini