Misteri Tanjakan Emen, Namanya Diambil dari Sopir Opelet yang Kecelakaan

Haris Ma'ani
Jumat 08 September 2023, 20:00 WIB
Potret udara Tanjakan Emen di wilayah Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.  (Sumber : Instagram/@fadeelz_via infobandungraya)

Potret udara Tanjakan Emen di wilayah Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. (Sumber : Instagram/@fadeelz_via infobandungraya)

LABVIRAL.COM-Salah satu tanjakan yang menyimpan misteri dan kisah mistis adalah Tanjakan Emen. Nama tanjakan diambil dari sopier opelet yang mengalami kecelakaan di sana.

Tanjakan ini berada di wilayah Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Warga Jawa Barat pasti sudah tak asing dengan Tanjakan Emen.

Tanjakan yang dikenal angker ini menghubungkan Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat.

Kisah Tanjakan Emen

Dikutip dari Instagram Jasa Raharja, sekitar tahun 1956 hiduplah seorang sopir opelet bernama Taing yang akrab disapa Emen.

Malang, Emen dan 12 penumpangnya mengalami kecelakaan hingga opeletnya terbakar di tanjakan tersebut. Sejak saat itu, tanjakan ini dijuluki Tanjakan Emen.

Setelah peristiwa itu, nama Tanjakan Emen pun menjadi penuh kisah misteri dan dikenal angker karena peristiwa kecelakaannya.

Baca Juga: Kisah Misteri Tol Cipularang, Tempat Keramat Prabu Siliwangi

Ada mitos atau kepercayaan agar terbebas dari kecelakaan, pengendara yang melalui Tanjakan Emen disarankan untuk melempar koin atau rokok.

Kecelakaan tragis PO Purnamasari di Tanjakan Emen

Sebagai tanjakan yang dikenal curam, Tanjakan Emen memang banyak menelan korban jiwa. Salah satu peristiwa nahas adalah kecelakaan bus PO Purnamasari yang menelan delapan orang korban jiwa.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini