Kronologi Prabowo Subianto Resmi Umumkan Gibran Rakabuming Raka Jadi Cawapresnya, Direstui Jokowi!

Efendi AW
Senin 23 Oktober 2023, 06:22 WIB
PBB deklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai capres 2024 (Sumber : Twitter/@IriawanIwanBule)

PBB deklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai capres 2024 (Sumber : Twitter/@IriawanIwanBule)

LABVIRAL.COM - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto resmi mengumumkan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai bakal calon wakil presidennya pada Minggu (22/10) malam.

Pengumuman ini dilakukan setelah muncul kesepakatan semua ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lalu bagaimana kronologinya:

1.Terpilih secara aklamasi

Prabowo Subianto menyatakan jika Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dipilih sebagai cawapresnya secara aklamasi. Semua ketua umum partai koalisi sepakat mengusung Gibran. 

 "Baru saja Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari delapan partai politik, yang dihadiri lengkap oleh ketum masing-masing dan sekjen masing-masing kita telah berembug secara final, secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden," ujar Prabowo dalam jumpa pers di kediamannya. 

 

2. Gibran sebelumnya resmi didukung Partai Golkar

Partai Golkar mengumumkan secara resmi dukungan mereka kepada Gibran untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto melalui rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang diselenggarakan pada Sabtu (21/10/2023) kemarin.

Usai resmi didukung, Gibran juga menyambangi kantor DPP Partai Golkar dan menyatakan akan mengkoordinasikan dukungan itu dengan Prabowo. 

 

3. Jokowi restui Gibran jadi cawapres Prabowo

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini