Media Asing Sorot Prabowo Subianto Pilih Gibran Rakabuming Raka Jadi Cawapresnya, Sebut Hal-hal Penting Ini

Efendi AW
Senin 23 Oktober 2023, 12:31 WIB
Prabowo dan Gibran (Sumber : Tangkapan layar YouTube CNN)

Prabowo dan Gibran (Sumber : Tangkapan layar YouTube CNN)

LABVIRAL.COM - Media asing memuat pemberitaan soal kontestasi calon presiden dan wakil presiden di Indonesia 2024. Kali ini terkait bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan wakil presidennya (wapres) yang sudah terpilih, Gibran Rakabuming Raka.

Channelnewsasia.com memuat artikel dengan judul "Indonesia presidential candidate Prabowo picks Jokowi's son as running mate". Prabowo disebut memilih Gibran di tengah "kemarahan" yang belum reda di dalam negeri karena keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang meloloskan aturan capres-cawapres pernah atau sedang menjabat kepala daerah hasil pilkada.

"Menteri Pertahanan dan calon presiden Indonesia, Prabowo Subianto, pada Minggu mengumumkan putra sulung pemimpin petahana Joko Widodo sebagai pasangannya untuk pemilu tahun depan," tulis artikel Channelnewsasia.com dikutip Senin (23/10/2023).

"Terpilihnya Gibran Rakabuming Raka (36) bisa menjadi dorongan bagi kampanye Prabowo karena popularitas Jokowi yang sangat besar, bahkan di tengah kemarahan minggu ini atas keputusan pengadilan untuk mengubah persyaratan kelayakan yang akan menghalangi Gibran untuk mencalonkan diri," lanjutnya.

Channelnewsasia.com juga menuliskan kesepakatan yang sudah dibuat Prabowo dengan partai koalisinya. Komentar Jokowi yang menyatakan tidak terlibat dalam kontestasi Pilpres 2024 juga dipaparkan.

"Berbicara seusai pertemuan partainya dan mitra koalisinya, Prabowo mengatakan pada konferensi pers bahwa telah ada kesepakatan untuk mencalonkan dirinya sebagai calon presiden dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden," tulis media itu lagi.

"Pekan ini, Jokowi mengatakan bahwa ia tidak terlibat dalam kandidat presiden, namun orang dalam politik mengatakan bahwa pemimpin yang akan keluar tersebut berusaha untuk mempertahankan pengaruhnya dan diam-diam mengumpulkan dukungan untuk mantan saingannya, Prabowo, setelah sebelumnya tampaknya mendukung Ganjar sebagai kandidat dari PDI-nya," tulisnya lagi.

 

Pendapat pengamat politik

Pendapat pengamat politik juga ditampilkan. Pemilihan Gibran disebut dapat mengalihkan sebagian basis pendukung Jokowi kepada Prabowo. Hal ini juga meningkatkan peluang Jokowi untuk menentukan warisan pembangunannya sendiri dengan memastikan penyelesaian program-program ekonomi utama.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini