Mengenal Lebih Dekat Panglima TNI Agus Subiyanto, dari Profil hingga Riwayat Jabatannya

Efendi AW
Selasa 21 November 2023, 15:40 WIB
Panglima TNI Agus Subiyanto (Sumber : Tangkapan layar YouTube KompasTV)

Panglima TNI Agus Subiyanto (Sumber : Tangkapan layar YouTube KompasTV)

LABVIRAL.COM - DPR RI mengesahkan pengangkatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto menjadi panglima TNI, Selasa (21/11/2023). Agus Subiyanto menggantikan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

Jenderal TNI Agus Subiyanto akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Panglima TNI pada Rabu (22/11/2023).

"Pada kesempatan ini, saya akan mengumumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang saat ini menjabat Kepala Staf Angkatan Darat," kata Puan dalam konferensi pers di gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Agus Subiyanto menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) belum sampai satu bulan. Agus Subiyanto baru dilantik oleh Jokowi sebagai KSAD menggantikan posisi Jenderal Dudung Abdurachman pada 25 Oktober, tak lama berselang dirinya diajukan menjadi calon tunggal Panglima TNI.

Berikut profil dan riwayat jabatan Panglima TNI Agus Subiyanto:

1. Profil Agus Subiyanto

Agus Subiyanto lahir di Cimahi pada 5 Agustus 1967. Saat usianya masih 5 tahun, sang ibu meninggalkan ia, adik, serta ayahnya. Puncak masa pahit yang dilalui terjadi saat ia duduk di bangku kelas 2 SMA. Saat itu, ayahnya Dedi Unadi yang juga seorang prajurit TNI berpangkat Sersan Kepala meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas pada 1984. Ia harus tetap melanjutkan hidup bersama adik-adik dan ibu tirinya.

Selepas SMA pada 1986, Agus Subiyanto mengikut tes di Sekolah Calon Bintara Kodam III/Siliwingi. Hasilnya dia dinyatakan tidak lulus tapi direkomendasikan mengikuti Sekolah Calon Perwira tanpa tes. Tak paham maksudnya, Agus justru memutuskan melamar sebagai satuan pengamanan mal Internusa di Bogor, namun ditolak.

Pada 1988 Agus Subiyanto mengikuti tes masuk Akabri. Kali ini Agus berhasil dan menjadi lulusan dengan nilai terbaik kedua se-Jawa Barat. Agus lulus dari Akabri pada 1991.


2. Riwayat jabatan Agus Subiyanto

Agus Subiyanto bukanlah orang asing di lingkungan sekitar Presiden Jokowi. Pada 2009 lalu, ketika Jokowi masih menjabat Wali Kota Solo, Agus adalah Komandan Kodim 0735/Surakarta.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini