8 Penyebab Rezeki Kamu Seret, Salah Satunya Berkhianat ke Orang Lain

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 29 Februari 2024, 14:54 WIB
Habib Jafar (Sumber : Youtube/CAHAYA UNTUK INDONESIA)

Habib Jafar (Sumber : Youtube/CAHAYA UNTUK INDONESIA)

LABVIRAL.COM - Habib Husein Jafar Al Hadar alias Habib Jafar memberikan dakwah tentang penyebab rezeki seret.

Habib Jafar menjelaskan, rezeki seyogyanya tidak selalu dalam bentuk materi atau harta. Rezeki bisa juga berbentuk sesuatu yang sifatnya immateri.

"Contohnya kata nabi rezeki teragung itu justru yang bersifat immateri yaitu iman dan Islam itu adalah rezeki yang terbesar yang dimiliki oleh kita, tidak semua orang mendapatkan iman dan Islam hanya orang-orang yang beruntung saja yang mendapatkan nikmat iman dan nikmat Islam," kata Habib Jafar sebagaimana dikutip Labviral.com dari channel YouTube CAHAYA UNTUK INDONESIA pada Kamis, 29 Februari 2024.

Baca Juga: 5 Tips Mencari Pekerjaan dalam Islam, Rezeki Dijamin Halal dan Berkah

Lantas, apa penyebab rezeki seret? Berikut ulasannya dari Habib Jafar:

  1. Mencaci Rahmat Allah

    Rezeki bisa menjadi seret karena kamu mencaci rahmat Allah. Contohnya kamu mencaci rahmat Allah berupa hujan angin yang diberikan kepadamu. Padahal, Nabi telah mengajarkan kepada kita bahwa saat datang musibah jangan sesekali kamu menghujatnya. Karena itu bisa jadi sebagai pengingat kamu kepada Sang Pencipta. 

  2. Menolak Berbagi ke Manusia

    Mengutip apa yang disampaikan dalam riwayat Imam Ibnu Abbas bisa jadi rezeki seret karena kamu menolak berbagi kepada manusia. Karena itu berbagilah karena berbagi justru menjadi sebab rezeki yang Allah berikan kepada kita.
  3. Terlalu Banyak Tidur


    Rezeki itu tidak sampai kepadamu dan serat karena kamu terlalu banyak tidur terlalu banyak leha-leha dan minim usaha.

  4. Zalim

    Rezeki seret lantaran kamu zalim kepada orang lain sehingga Allah murka kepadamu dan Allah boikot rezekimu.

  5. Berzina

    Rezeki seret karena zina dan maksiat yang kau lakukan.

  6. Bersikap Curang

    Rezeki seret karena kamu curang dalam jual beli. Kamu mengira dengan curang dalam jual beli itu akan menambah pundi-pundi materimu, tapi kamu lupa bahwa itu akan mengurangi pundi-pundi rizkimu. Bisa jadi hartamu bertambah, tapi kebahagiaanmu jauh berkurang.

  7. Khianat kepada Orang Lain

    Rezeki seret karena khianat kepada orang lain. Mungkin kamu berpikir dengan menghianati orang lain dalam suatu proyek sehingga kamu mendapatkan besar limpahan proyek itu, itu membuatmu mendapatkan rezeki yang banyak padahal itu hanya mendapatkan harta yang banyak bisa jadi tapi bukan rezeki yang banyak dan yang terakhir

  8. Rakus


    Rakus dalam logika manusia mungkin itu akan membuat hartamu bertambah, tapi dalam logika Allah dan rasulnya rakus justru membuat rezekimu hilang meskipun hartamu banyak.

    Karena itu Islam mengajarkan kepada kita bahwa rezeki memang bisa jadi harta, tapi rizki utamanya ia bukan harta, tapi ia adalah sesuatu yang sifatnya pemberian dari Allah yang akan membuat kita damai akan membuat kita bahagia.


Nah itu dia penyebab rezeki seret yang telah dipaparkan Habib Husein Jafar Al Hadar alias Habib Jafar.

Sumber: YOUTUBE/Cahaya Untuk Indonesia

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini