Apa Itu Qailullah? Waktu Istimewa untuk Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 12 Maret 2024, 23:25 WIB
Ilustrasi apa itu Qailullah. (Sumber : unsplash.com/utsman media)

Ilustrasi apa itu Qailullah. (Sumber : unsplash.com/utsman media)

LABVIRAL.COM - Artikel ini akan membahas tentang apa itu qailullah yang banyak ditanyakan masyarakat di mesin pencarian Google.

Qailullah adalah istilah yang merujuk pada praktik tidur yang disertai dengan ibadah dan dzikir kepada Allah SWT di tengah malam. Ini merupakan waktu yang istimewa di mana seseorang memanfaatkan malam untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan hubungan spiritual.

Praktik qailullah mencakup berbagai aktivitas ibadah seperti membaca Al-Quran, berdzikir, dan melakukan sholat sunnah, seperti tahajjud.

Baca Juga: Apa Itu Sahur? Momen Spesial Umat Islam Saat Ramadan, Lengkap dengan Doa Sahur

Selama qailullah, seseorang merenungkan nikmat Allah, memohon ampunan, dan memperkuat ikatan spiritualnya dengan Sang Pencipta. Hal ini dilakukan dengan harapan mendapatkan rahmat, keberkahan, dan petunjuk dari Allah SWT.

Doa qailullah adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah atas nikmat tidur dan kesempatan untuk beribadah di malam hari. Berikut adalah contoh doa qailullah yang bisa diucapkan sebelum tidur:

"Allahumma bismika amutu wa ahya" (artinya: Ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan aku hidup)

Baca Juga: Apa Itu Sholat Witir? Ibadah Tambahan yang Dianjurkan Bagi Umat Islam di Bulan Ramadan

Doa ini adalah ungkapan kesadaran bahwa hidup dan kematian kita bergantung sepenuhnya kepada Allah SWT. Dengan mengucapkannya sebelum tidur, seseorang mengingatkan dirinya sendiri bahwa setiap napas yang diambil dan diberikan kembali adalah anugerah dari Allah SWT.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini