Apa Itu Gempa Megatrust? Gempa yang Paling Merusak di Muka Bumi. Kenali Penyebab, Karakteristik, hingga Contohnya

Zahwa Elia Azzahra
Senin 18 Maret 2024, 08:16 WIB
Ilustrasi - apa itu gempa megatrust (Sumber : Freepik)

Ilustrasi - apa itu gempa megatrust (Sumber : Freepik)

LABVIRAL.COM - Gempa megatrust adalah fenomena alam yang menakjubkan dan seringkali mematikan yang terjadi di zona-zona subduksi di sepanjang lempeng tektonik di Bumi.

Untuk memahami gempa megatrust, kita perlu melihat lebih dekat pada mekanisme subduksi dan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya gempa ini, serta dampaknya yang besar terhadap lingkungan dan masyarakat.

Dalam artikel ini Labviral.com akan menginformasikan tentang gempa megatrust, mulai dari penjelasan mekanisme subduksi hingga contoh-contoh gempa megatrust yang terkenal dan dampaknya yang meluas.

Baca Juga: Cara Membersihkan Dosa ala Rasulullah SAW, Baca 3 Kali Istigfar Ini Sebelum Tidur

1. Mekanisme Subduksi

Untuk memahami gempa megatrust, penting untuk memahami konsep subduksi. Subduksi terjadi ketika dua lempeng tektonik bertabrakan, di mana lempeng samudera yang lebih padat dan berat tergelincir di bawah lempeng benua yang lebih ringan.

Proses ini terjadi di zona-zona subduksi di seluruh dunia, terutama di kawasan Cincin Api Pasifik, yang merupakan wilayah yang paling rentan terhadap gempa megatrust.

Baca Juga: Kamu Berada di Titik Terendah? Dalami Nasihat Ini Agar Hidupmu Bergairah Kembali

2. Penyebab Gempa Megatrust

Gempa megatrust dipicu oleh pelepasan energi besar yang disimpan di zona subduksi selama periode waktu yang panjang. Ketika tekanan yang terakumulasi akhirnya dilepaskan, itu menghasilkan getaran yang kuat yang kita kenal sebagai gempa bumi.

Penyebab utama pelepasan ini adalah pergerakan lempeng tektonik di zona subduksi yang disebabkan oleh gaya konveksi di dalam mantel Bumi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini