Perjalanan Hidup WR Supratman hingga Menciptakan Lagu Indonesia Raya

Sunardi
Jumat 10 Maret 2023, 12:23 WIB
WR Supratman pencipta lagu Indonesia Raya (Sumber : Tangkapan layar e-book dari laman badanbahasa.kemdikbud.go.id)

WR Supratman pencipta lagu Indonesia Raya (Sumber : Tangkapan layar e-book dari laman badanbahasa.kemdikbud.go.id)

LABVIRAL.COM - Wage Rudolf Supratman atau dikenal dengan nama WR Supratman memang tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Sosok pencipta lagu Indonesia Raya tersebut namanya begitu melekat di hati masyarakat.

WR Supratman lahir di Purworejo, 19 Maret 1903. Beberapa versi menyebut jika WR Supratman lahir di Jakarta, 9 Maret 1903. Ia merupakan anak dari pasangan Djoemeno Senen Sastrosoehardjo dan Siti Senen. Ayahnya tersebut merupakan tentara Koninklijk Nederlands-Indische Leger (KNIL) Belanda.

Ia bukanlah anak satu-satunya dari pasangan Djoemeno dan Siti. WR Supratman mempunyai kakak bernama Roekijem.

Sejak umur 11 tahun WR Supratman ikut kakaknya pindah ke Makassar. Di tempat barunya itu WR Supratman mulai menempuh dunia pendidikan yang dibiayai oleh suami Roekijem, Willem van Eldik.

WR Supratman pun mulai belajar bahasa Belanda. Selama kurun waktu belajar di sekolah malam, kemudian ia melanjutkan ke Normaalschool di Makassar hingga selesai.

Kemudian pada saat WR Supratman berusia 20 tahun, ia menjadi guru di Sekolah Angka 2. Dua tahun setelah menjadi guru, ia pun mendapatkan ijazah Klein Ambtenaar.

Selepas dari Makassar, ia memutuskan pindah ke Bandung. Di tempat baru ini WR Supratman memulai karier barunya sebagai seorang jurnalis. Ia bekerja di perusahaan media di harian Kaoem Moeda dan Kaoem Kita.

Pekerjaannya menulis inilah kemudian menyadarkannya tentang nasib rakyat Bumi Putra atau Indonesia yang sedang dijajah.

Ia pun kemudian tertarik dengan pergerakan nasional. WR Supratman lalu banyak bergaul dengan tokoh-tokoh pergerakan nasional.


Awal Penciptaan Lagu Indonesia Raya

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini