Apa Kopi Paling Pahit di Dunia? Ketahui Jenisnya dan Cara Meraciknya

Sunardi
Sabtu 25 Maret 2023, 10:40 WIB
Ilustrasi kopi hitam dalam wadah cangkir. (Sumber : Pixabay.com/Anja)

Ilustrasi kopi hitam dalam wadah cangkir. (Sumber : Pixabay.com/Anja)

LABVIRAL.COM - Kamu pernah berpikir apa kopi paling pahit di dunia? Padahal, sebagian orang awam mengira bahwa kopi seharusnya memang memiliki rasa pahit.

Kopi memang terkenal sebagai minuman yang pahit. Namun, tak jarang sedikit orang masih mencari sensasi kopi paling pahit di dunia. Pahitnya kopi bisa memberi kesan rasa tersendiri bagi penikmatnya.

Dengan meminum kopi yang pahit tentu akan menghilangkan rasa kantuk. Terutama bagi orang-orang yang sedang beraktivitas malam, pilihan meminum kopi yang pahit memang tak salah.

Kopi yang paling pahit di dunia jatuh pada jenis kopi robusta. Ya, jenis kopi yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara ini memuncaki deretan kopi paling pahit. Kopi robusta yang tumbuh di dataran rendah ini memiliki cita rasa pahit yang melekat.

Baca Juga: 8 Film Terbaik Dian Sastrowardoyo, Bikin Penonton Terpikat Aktingnya

Proses sangrai dan metode peracikan

Ilustrasi biji kopi

Kopi robusta sebelum bisa dinikmati rasa pahitnya, perlu beberapa tahapan proses terlebih dahulu. Proses awal ini yaitu biji kopi robusta disangrai.

Proses menyangrai tersebut harus tepat. Proses sangrai tersebut bisa sampai pada level dar and beyond. Level sangrai ini juga sudah terkenal dengan rasa pahitnya yang begitu terasa.

Jika masih kurang, kamu bisa mencoba Italian roast atau French roast. Kedua teknik mengolah kopi robusta tersebut bisa menciptakan sajian kopi yang memiliki rasa paling pahit meski hanya diseduh dengan cara ditubruk.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini