3 Fakta Rumah Singgah Bung Karno di Padang yang Dihancurkan Pemiliknya

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 25 Maret 2023, 20:46 WIB
Rumah singgah Bung Karno di Padang

Rumah singgah Bung Karno di Padang

LABVIRAL.COM - Salah satu tempat bersejarah di Padang dihancurkan, tempat itu adalah saksi bisu pembuangan Bung Karno. Tempat yang dijadikan rumah singgah bagi proklamator kemerdekaan Indonesia tersebut dirobohkan oleh pemiliknya. Berikut ini fakta-fakta dibalik penghancuran rumah singgah Bung Karno di Padang, Sumatera Barat.

Rumah singgah Bung Karno yang dihancurkan tersebut beralamat di Jalan Ahmad Yani Nomor 12, Kelurahan Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. Penghancuran rumah singgah tersebut dilakukan dengan alat berat sehingga semuanya rata dengan tanah tanpa menyisakan sedikitpun artefak sejarah yang ada.

Diketahui rumah singgah Bung Karno yang dihancurkan di Padang tersebut ditempati sang proklamator selama tiga bulan. Bung Karno tinggal di rumah tersebut pada 1942 saat dibuang oleh Belanda karena invasi Jepang.

Baca Juga: Update Harga Honda BeAT dan BeAT Street Terbaru, Mulai dari Rp 17 Jutaan

Selengkapnya ini fakta-fakta dibalik penghancuran rumah singgah Bung Karno.

1. Masuk daftar Cagar Budaya

Rumah Singgah Bung Karno (Tangkap layar Youtube Kanal Anak Bangsa)

 

Rumah singgah Bung Karno di Padang tersebut masuk dalam bagian cagar budaya Pemerintah Kota Padang, termaktub dalam No. Inventaris 33/BCBTB/A/01/2007. Artinya rumah tersebut sudah berstatus cagar budaya sejak 2007 tapi dihancurkan pada 2022.

Bangunan cagar budaya seharusnya dilindungi  dan wajib untuk dijaga. Perubahan atau renovasi bangunan cagar budaya saja tidak mudah, harus mendapat izin dan kajian terlebih dahulu. Sayangnya rumah singgah Bung Karno ini malah dihancurkan begitu saja tanpa menyisakan apapun karena semua bangunan rata dengan tanah.

Baca Juga: Mengenal Publisher Right Indonesia dan Manfaatnya

2. Disayangkan Sejarawan

Rumah singgah Bung Karno di Padang (Anri)
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini