Model dan Ukuran Kunci Busi Mobil

Haris Ma'ani
Senin 27 Maret 2023, 20:14 WIB
Kunci busi  (Sumber : Motionpro)

Kunci busi (Sumber : Motionpro)

LABVIRAL.COM- Salah satu kunci yang tidak boleh lupa dibawa saat berkendara adalah kunci busi. Meski kelihatannya sama, ternyata ada berbagai macam dan ukuran.

Kunci busi adalah salah satu SST atau special service tool. Penggunaannya dikhususkan hanya untuk melepas dan memasang busi mobil.

Nah, untuk mengetahui ragamnya, ini dia model dan ukuran kunci busi mobil yang ada di pasaran Indonesia.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Busi Motor Biar Perfoma Motor Tetap Ciamik

Ukuran kunci busi mobil

Di Indonesia, baru ada dua ukuran kunci busi mobil yang umum digunakan. Pertama ukuran 16 mm dan kedua berukuran 20,8 mm.

Mengapa hanya ada dua ukuran? Ini karena di Indonesia, kebanyakan mesin mobil yang beredar menggunakan busi yang memiliki ukuran dua jenis tersebut.

Cara mengetahui ukuran kunci yang tepat, bisa menggunakan bantuan alat ukur untuk mengetahui ukuran bagian tengah badan busi yang terbuat dari logam.

Selain itu, ukuran busi juga bisa dibedakan menurut jenis mobilnya. Tipe mobil penumpang kecil, biasanya pakai busi kecil sehingga kunci busi yang digunakan adalah ukuran 16 mm.

Sedangkan mobil berpenumpang besar dan beberapa tipe SUV (sport utility vehicle) sering pakai busi besar, sehingga ukurannya adalah 20,8 mm.

Model kunci busi

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkini