Pulley Depan CVT Motor Matic Cepat Tipis? Ini Sebabnya

Aci
Selasa 28 Maret 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi pulley depan CVT motor matic yang sudah aus dan tipis (Sumber : youtube.com/KAKEX Channel)

Ilustrasi pulley depan CVT motor matic yang sudah aus dan tipis (Sumber : youtube.com/KAKEX Channel)

LABVIRAL.COM - Pada sepeda motor matic penerus daya dari mesin sudah tidak lagi disalurkan melalui rantai dan gir, melainkan menggunakan transmisi automatic yang disebut Continous Variable Transmission (CVT) dengan berbagai komponen didalamnya.

Cara kerja CVT adalah meneruskan putaran yang dihasilkan mesin yang terhubung dengan pulley depan atau lebih dikenal dengan pulley primer menuju pulley belakang untuk menggerakan roda menggunakan sebuah van belt (v-belt).

Seiring dengan pemakaiannya, pulley depan pada CVT motor matic ini bisa mengalami keausan sehingga menjadi tipis akibat gesekan dari v-belt dengan permukaan pulley depan.

Baca Juga: Bila Busi Mobil Tidak Sesuai Standar, Apa Yang Terjadi?

Gesekan yang terjadi antara v-belt dan pulley depan motor matic biasanya akan menghasilkan debu dan kotoran yang jika dibiarkan justru akan mempercepat keausan dari pulley depan CVT motor matic.

Karena itu, penting sekali bagi para pemilik sepeda motor matic untuk selalu memeriksa bagian CVT motor mereka secara berkala untuk memastikan kondisi CVT selalu dalam kondisi yang baik.

Baca Juga: 7 Jenis Penipuan Online yang Sering Makan Korban, Waspadai Ya!

Selain itu, penyebab pulley depan CVT motor matic yang aus adalah masa pakai yang sudah terlalu lama.

Umumnya, masa pakai pulley depan bagian kipas ataupun rumah roller pada sepeda motor matic ini adalah 3 tahun. Jadi bukan lagi hal yang aneh jika motor yang sudah berumur dan belum pernah diganti, pulleynya akan menjadi aus dan tipis.

Baca Juga: Motor Sport Retro Modern Irit BBM dari Benelli, Jadi Pingin Beli?

Nah, itulah beberapa penyebab pulley depan CVT motor matic menjadi cepat aus. Agar hal tersebut tidak dialami motor kalian, sebaiknya kalian rutin melakukan perawatan berkala pada motor matic.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini