Mengenal Lebih Dalam Resesi, Penurunan Aktivitas Ekonomi Secara Signifikan

Dian Eko Prasetio
Selasa 28 Maret 2023, 23:51 WIB
Ilustrasi Resesi (Sumber : Pixabay.com)

Ilustrasi Resesi (Sumber : Pixabay.com)

LABVIRAL.COM - Beberapa waktu belakangan ini dunia maya dihebohkan dengan kata 'resesi' saking populernya banyak orang merasa was-was untuk menyambut tahun 2023.

Bahkan presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri menyampaikan bahwa tahun depan akan menjadi tahun yang gelap akibat resesi.

Resesi sendiri merupakan istilah ekonomi yang menggambarkan perekonomian suatu negara yang diakibatkan oleh berbagai faktor.

Lalu apa sih sebenarnya yang disebut dengan resesi dan mengapa banyak orang sangat khawatir apabila resesi ini benar-benar terjadi?

Tanpa basa-basi Labviral.com akan kupas satu persatu mengenai resesi di bawah ini.

Baca Juga: Gaji TNI dan Jumlah Tunjangan Kinerja Berdasarkan Pangkat

Apa itu Resesi?

Seperti yang Kamu ketahui, resesi merupakan salah satu istilah kata yang digunakan untuk menggambarkan keadaan di mana perputaran ekonomi suatu negara berubah menjadi lambat atau buruk.

Perputaran ekonomi yang melambat ini bisa berlangsung cukup lama bahkan tahunan akibat dari pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) suatu negara menurun selama dua kuartalan dan berlangsung secara terus menerus.

Bahkan PDB sendiri dapat diartikan sebagai aktivitas ekonomi suatu negara selama satu periode. Jadi secara tidak langsung apabila suatu negara mengalami aktivitas ekonomi yang turun secara terus menerus selama dua periode, maka negara tersebut dapat dikatakan resesi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini