Termasuk Bulan Ramadan, Berikut 7 Waktu Mustajab untuk Berdoa

Hadi Mulyono
Rabu 29 Maret 2023, 13:37 WIB
Waktu mustajab untuk berdoa. (Sumber : freepik.com)

Waktu mustajab untuk berdoa. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Berbicara tentang meminta pertolongan kepada Allah, terdapat beberapa waktu mustajab untuk berdoa yang sayang jika tidak dimanfaatkan.

Nah, di bawah ini Labviral.com telah merangkum sejumlah waktu yang sangat direkomendasikan bagi setiap muslim untuk berdoa.

1. Bulan Ramadan terutama malam Lailatul Qadar

Baca Juga: Doa Masuk dan Keluar Masjid Lengkap, Arab, Latin dan Terjemahan

Dari sekian banyak keutamaan bulan Ramadan ialah dikabulkannya doa yang dipanjatkan setiap muslim yang menunaikan ibadah puasa.

Berdasarkan sebuah hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu dikatakan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa berpuasa Ramadan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu, dan barangsiapa salat di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Hukum Salat Tarawih tanpa Doa Iftitah, Apakah Tetap Sah?

2. Sesudah salat fardhu

Berdoa memohon pertolongan kepada Allah Swt setelah salat fardhu juga sangat dianjurkan karena bisa cepat dikabulkan.

Dari Abu Umamah ia berkata, “Dikatakan kepada Rasulullah saw, ‘Apakah doa yang paling didengarkan?’ Rasulullah menjawab, ‘Doa di tengah malam dan doa di akhir salat wajib." (HR at-Tirmidzi).

Kemudian dalam riwayat lain dari Mu'adz bin Jabal, sesungguhnya Rasulullah SAW menarik tangan Mu'adz seraya berkata, “Wahai Mu'adz, demi Allah sesungguhnya aku sangat menyayangimu, demi Allah sungguh aku sangat menyayangimu. Aku pesankan kepadamu wahai Mu'adz, janganlah engkau tinggalkan setiap selesai salat, engkau ucapkan, 'Ya Allah, tolonglah aku agar mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu dan beribadah dengan ibadah yang baik kepada-Mu'." (HR. Abu Daud).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini