Profil dan Perjalanan Karier Moeldoko, Jenderal yang Lahir dari Keluarga Sederhana

Sunardi
Senin 03 April 2023, 17:13 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Sumber : Instagram/@ dr_moeldoko)

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Sumber : Instagram/@ dr_moeldoko)

LABVIRAL.COM - Siapa yang tak kenal Moeldoko? Dia adalah seorang Kepala Staf Kepresidenan yang memang tak boleh dilupakan dalam dunia perpolitikan tanah air. Kariernya yang diraih sekarang ini tentu tak didapatkan secara tiba-tiba. Lalu, bagaimana perjalanan karir Moeldoko? Berikut kami sajikan ringkasan fakta-fakta Moeldoko yang mungkin belum Anda ketahui.

Pria kelahiran Kediri, 8 Juli 1957 ini adalah seorang purnawirawan Jenderal TNI. Ia adalah seorang anak bungsu dari 12 bersaudara pasangan Moestaman dan Masfuah.

Sewaktu kecil, ia menempuh pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Juntok 1, Kediri. Kemudian ia melanjutkan ke SMP Negeri Papar, Kediri. Setelah itu, pada tahun 1977 ia melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama Pertanian, Jombang.

Setelah lulus dari sekolahnya di Jombang tersebut, Moeldoko terjun ke dunia militer. Ia mengikuti pendidikan militer di Akademi Militer (Akmil), Magelang. Ia lulus dari Akmil pada tahun 1981 dan dianugerahi Bintang Adhi Makayasa. Ia pun mengawali karir militernya dengan mulus sebagai Komandan Peleton di Yonif Linud 700 Kodam VII/Wirabuana.

Karirnya dalam dunia militer tak berhenti di situ saja. Ia pada tahun 2008 menjabat sebagai Kasdam Jaya. Kemudian, tahun 2010-2011 ia mengalami tiga kali rotasi jabatan dan kenaikan pangkat. Mulai dari Panglima Divisi 1/Kostrad, Panglima III/Siliwangi, hingga menjabat sebagai Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Dua tahun setelah menjadi Wakil Gubernur Lemhannas, ia dilantik sebagai Wakil Kepala Staf AD. Kemudian, ia dipercaya sebagai Kepala Staf TNI AD pada 22 Mei 2013.

Pada usia 56 tahun, Moeldoko dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kini di era Presiden Joko Widodo, dirinya dipercaya menjadi Kepala Staf Kepresidenan.

Lalu, bagaimana kisah kehidupan Moeldoko lainnya? Berikut ini adalah fakta-fakta Moeldoko di luar karier kemiliterannya:

1. Lahir dari keluarga sederhana dan pas-pasan

Meski karir militernya mulus sampai ia berhasil menjadi seorang Panglima TNI, Moeldoko lahir dan besar dari keluarga yang sederhana. Kehidupan masa kecil Moeldoko serba pas-pasan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini