Sejarah Anas Urbaningrum dan Partai Demokrat

Agus Surono
Rabu 12 April 2023, 19:46 WIB
Anas Urbaningrum (Sumber : Instagram/anasurbaningrum_)

Anas Urbaningrum (Sumber : Instagram/anasurbaningrum_)

LABVIRAL.COM - Selasa,11 April 2024, Anas Urbaningrum kembali menghirup udara bebas setelah menjalani masa tahanan delapan tahun dalam kasus korupsi dan pencucian uang.

Kebebasan Anas memunculkan beragam spekulasi politik, khususnya hubungannya dengan Partai Demokrat.

Sebelum masuk Partai Demokrat Anas Urbaningrum cukup populer sebagai aktivis mahasiswa, yakni sebagai ketua umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Baca Juga: Susi Tertawa Lepas Saat Bertemu Prabowo, Netizen: Fix Bakal Kembali Masuk Kabinet

Sebagai aktivis, Anas dikenal sebagai pemikir dan intelektual. Dari sinilah bakat, talenta dan jaringan politik Anas terbangun. Anas menjadi figur yang disegani karena dianggap membawa kesegaran pemikiran dan gerakan mahasiswa.

Kepemimpinan Anas di HMI terjadi dalam periode 1997-1999. Di mana dalam periode atau tahun tersebut dinamika politik kebangsaan berlangsung panas terkait kepemimpinan nasional di bawah Presiden Soeharto.

Dalam kondisi seperti itu, bisa dikatakan Anas mendapatkan momentum politik yang membuka ruang artikulasi dan karir politiknya.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Lini High Grade, Lini Gunpla yang Cocok Buat Pemula

Dan benar, pasca lengser sebagai ketua umum HMI, Anas kemudian terlibat menjadi anggota Tim Revisi Undang-Undang Politik atau Tim Tujuh. Pun demikian dalam persiapan pemilu 1999, Anas menjadi anggota Tim Seleksi Partai Politik atau Tim Sebelas yang bertugas memverifikasi kelayakan partai politik untuk ikut dalam Pemilu.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini