Provinsi dengan Jalan Rusak Paling Banyak di Sumatera, Lampung yang Dikritik Tiktoker Bima Urutan Berapa?

Sunardi
Senin 17 April 2023, 12:00 WIB
Penutupan jalan rusak di Kabupaten Rokan Hilir, Riau pada 27 September 2021. (Sumber : Twitter/@SATLANTASROHIL1)

Penutupan jalan rusak di Kabupaten Rokan Hilir, Riau pada 27 September 2021. (Sumber : Twitter/@SATLANTASROHIL1)

LABVIRAL.COM - Salah satu wilayah yang memiliki jalanan rusak paling banyak yakni di Pulau Sumatera. Pulau terbesar keenam di dunia tersebut memiliki luas 473.481 kilometer persegi. Dengan luas tersebut Pulau Sumatera dibagi menjadi sepuluh provinsi.

Mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau. Masing-masing provinsi tersebut memiliki problematika atau permasalahan jalan rusak.

Termasuk Provinsi Lampung. Provinsi yang memiliiki luas 34.624 kilometer persegi ini sedang ramai jadi perbincangan warganet.

Akun Tiktoker bernama Bima Yudho Saputra viral lantaran mengkritisi kondisi jalan Provinsi Lampung. Bimo yang merupakan putra daerah tersebut mengekspresikan kritikannya melalui video dari platform TikTok.

Baca Juga: Deretan Provinsi dengan Jalan Rusak Paling Banyak, Lampung yang dikritik Tiktoker Bima Termasuk?

Baca Juga: Kabar Terbaru Bima Yudho Saputra Usai Kritiknya soal Jalan Lampung Viral

Berkat unggahannya itu, kini jalanan rusak di Lampung sedang disorot banyak pihak. Lalu, di urutan ke berapa Lampung sebagai provinsi dengan jalanan rusak berat di Pulau Sumatera?

Berikut ini adalah urutannya berdasarkan sumber dari Badan Pusat Statistik dalam laporan Statistik Transportasi Darat 2021:

1. Riau

Provinsi pertama yang mengalami kondisi jalan rusak berat adalah Riau. Provinsi Riau terdapat jalan rusak berat sepanjang 633 kilometer.

2. Sumatera Utara

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini