Jadwal dan Wilayah di Indonesia yang Mengalami Gerhana Matahari Hibrida, Kamis 20 April 2023

Dian Eko Prasetio
Kamis 20 April 2023, 03:00 WIB
Jadwal dan Wilayah di Indonesia yang Mengalami Gerhana Matahari Hibrida, Kamis 20 April 2023 (Sumber : BMKG)

Jadwal dan Wilayah di Indonesia yang Mengalami Gerhana Matahari Hibrida, Kamis 20 April 2023 (Sumber : BMKG)

LABVIRAL.COM - Indonesia akan mengalami fenomena alam Gerhana Matahari Hibrida pada Kamis 20 April 2023, fenomena yang akan membuat sebagian langit di wilayah Indonesia menjadi gelap.

Gerhana Matahari Hibrida adalah gerhana matahari yang dalam jalurnya mengalami dua fase sekaligus, yaitu fase cincin di sebagian wilayah bumi dan fase total di sebagian wilayah bumi lainnya.

Peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Johan Muhammad mengatakan Gerhana Matahari Hibrida sangat spesial, sebab gerhana tersebut jarang terjadi.

Baca Juga: Hari Ini, Kamis 20 April 2023 Sejumlah Wilayah di Indonesia akan Mengalami Gerhana Matahari Hibrida

"Di wilayah Indonesia, gerhana Matahari pada 20 April 2023 akan teramati sebagai Gerhana Matahari Total (GMT) dan Gerhana Matahari Sebagian," jelas Johan.

"Gerhana Matahari Total akan teramati khususnya di wilayah Indonesia bagian timur yang terbilang singkat kurang lebih 1 menit."

"Sementara di daerah Indonesia lainnya akan teramati sebagai Gerhana Matahari Parsial. Gerhana matahari ini akan teramati sebagai Gerhana Matahari Cincin di wilayah selatan Samudra Hindai dan Samudra Pasifik."

Baca Juga: Mengenal Gerhana Matahari Hibrida, Terjadi pada April 2023 di Indonesia

Sebagian lintasan Gerhana Matahari Total akan melewati wilayah lautan seperti Laut Timor dan Laut Banda. Sedangkan daratan yang dilalui jalur Gerhana Matahari Total adalah sebagian Timor Leste dan beberapa daerah di Papua Barat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini