Doa Ziarah Kubur saat Idul Fitri 2023, Singkat dan Mudah Diamalkan

Hadi Mulyono
Kamis 20 April 2023, 13:51 WIB
Doa ziarah kubur. (Sumber : Kanwil Kemenag Jateng.)

Doa ziarah kubur. (Sumber : Kanwil Kemenag Jateng.)

LABVIRAL.COM - Bacaan doa ziarah kubur biasanya akan kerap dibaca sejak Ramadan hingga hari raya Idul Fitri oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Terutama saat momen lebaran Idul Fitri 2023 seperti saat ini, umat muslim biasanya akan mengunjungi makam orangtua dan kerabat yang sudah meninggal untuk mendoakan mereka.

Nah, buat kamu yang masih bingung seperti apa bacaan doa ziarah kubur lengkap sesuai urutan yang benar, langsung saja simak artikel ini sampai habis ya!

Baca Juga: 4 Alasan Puasa saat Hari Pertama Idul Fitri Hukumnya Haram

1. Mengucap salam

Ketika memasuki area pemakaman, kita dianjurkan untuk mengucap salam terlebih dahulu sesuai dengan apa yang diajarkan Nabi Muhammad saw.

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ، وَأَتَاكُمْ مَا تُوعَدُونَ غَدًا مُؤَجَّلُونَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ…

Assalaamu’alaikum daara qaumin mu’miniin, wa ataakum ma tuu’adun godaan mu’ajjaluun, wa inna insya-Allahu bikum laahiqun…

Baca Juga: Hukum Puasa saat Idul Fitri Hari Pertama Menurut Hadis

Artinya: "Semoga keselamatan atas kalian wahai para penghuni (kubur) dari kaum mukminin. Apa yang dijanjikan Allah kepada kalian niscaya akan kalian dapati esok (pada hari kiamat), dan kami InsyaAllah akan menyusul kalian…." (HR. Muslim).

2. Membaca dzikir dan ayat-ayat Al-Qur'an

Dikutip dari situs MUI pada Kamis, 20 April 2023, Imam an-Nawawi mengatakan bahwa peziarah dianjurkan memperbanyak bacaan Al-Qur'an dan dzikir.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini