Kota di Jepang Gunakan ChatGPT untuk Bantu Pekerjaan PNS

Haris Ma'ani
Senin 24 April 2023, 08:43 WIB
PNS di Yokusuka, Prefektur Kanagawa tengah mencoba mengoperasikan ChatGPT  pada Kamis, (20/4/2023). (Sumber : kyodonews.com)

PNS di Yokusuka, Prefektur Kanagawa tengah mencoba mengoperasikan ChatGPT pada Kamis, (20/4/2023). (Sumber : kyodonews.com)

LABVIRAL.COM-Salah satu kota di Jepang menggunakan ChatGPT untuk membantu menyelesaikan pekerjaan administrasi.

Kota tersebut adalah Kota Yokosuka di Prefektur Kanagawa.

Sebelumnya kota ini sudah dikenal dengan berbabagi kekhasannya.

Di antaranya, rumah bagi pangkalan angkatan laut utama AS, tempat kelahiran mantan Perdana Menteri Junichiro Koizumi, dan menjadi variasi kuliner lokal ternama, kari Jepang.

Nah, pada Kamis (20/4/2023) lalu, kota tersebut mengklaim sebagai kotamadya pertama di Jepang yang menggunakan ChatGPT di kantor kotamadya.

Sekitar 4.000 karyawan di kantor pemerintah kota Yokosuka mulai menggunakan chatbot bertenaga kecerdasan buatan, yang dibuat oleh OpenAI akhir tahun lalu.

Pemerintah kota di sana melakukan uji coba satu bulan dalam upaya meningkatkan pelayanan.

“Dengan populasi yang menurun, jumlah karyawan terbatas. Namun, ada banyak tantangan administratif,” kata Takayuki Samukawa, perwakilan hubungan masyarakat untuk departemen manajemen digital Yokosuka, sebagaiman dikutip dari japantimes.co.jp, Senin (24/4/2024).

“Jadi kami bertujuan untuk menggunakan alat teknologi informasi dan komputer yang bermanfaat, seperti ChatGPT, untuk membebaskan sumber daya manusia dari hal-hal yang hanya dapat dilakukan dalam format orang ke orang.”

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Pakar: ChatGPT Seperti Pisau Bermata Dua

Selasa 18 April 2023, 22:49 WIB
Pakar: ChatGPT Seperti Pisau Bermata Dua
Tech

Alibaba Siap Luncurkan Pesaing ChatGPT

Jumat 14 April 2023, 19:00 WIB
Alibaba Siap Luncurkan Pesaing ChatGPT
Berita Terkini