2 Doa Sebelum Berangkat Merantau, Dibaca agar Pekerjaan Bertambah Berkah

Hadi Mulyono
Senin 24 April 2023, 17:43 WIB
Doa sebelum merantau. (Sumber : unsplash.com/Masjid MABA)

Doa sebelum merantau. (Sumber : unsplash.com/Masjid MABA)

LABVIRAL.COM - Pasca pulang ke kampung halaman pada momen Idul Fitri seperti saat ini, para perantau akan bersiap kembali ke kota atau negeri lain untuk melanjutkan perjuangan.

Sebagian besar dari mereka akan bekerja mengadu nasib demi mencari rezeki di tanah rantau. Kembalinya orang-orang setelah mudik ke kampung halaman biasa dikenal dengan istilah arus balik.

Berkaitan dengan tradisi itu, kali ini Labviral.com akan membagikan bacaan doa sebelum berangkat merantau agar selalu dalam lindungan Allah selama berada di perantauan.

Baca Juga: Ariel Noah Mudik Naik Motor Sendirian, Ciwi-ciwi Online Minta Dibonceng

Doa pertama

اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Allahumma antash shohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a'udzubika min wa'tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah teman dalam perjalanan dan pengganti dalam keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan perjalanan, kesedihan tempat kembali, doa orang yang teraniaya, dan dari pandangan yang menyedihkan dalam keluarga dan harta." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Baca Juga: Dicap Motor Playboy, Yamaha Aerox Ternyata Cocok Dipakai Mudik

Doa kedua


بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ
سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Bismillah, tawakkaltu 'alallahi, laa haula wa laa quwwata illaa billaah. Subhanallazi sakhara lana haza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali."

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini