TNI Kirim Satgas Evakuasi WNI di Sudan, Misi Sama setelah Afghanistan dan Ukraina

Haris Ma'ani
Selasa 25 April 2023, 09:36 WIB
Satgas Evakuasi WNI di Sudan dilepas secara resmi oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, bertempat di Baseops Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (24/4/2023).  (Sumber : tni.mil.id)

Satgas Evakuasi WNI di Sudan dilepas secara resmi oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, bertempat di Baseops Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (24/4/2023). (Sumber : tni.mil.id)

LABVIRAL.COM- Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengirimkan 39 prajurit untuk membantu melakukan evakuasi terhadap WNI di Sudan.

Satgas dipimpin Kolonel Pnb Noto Casnoto (Dan Wing I Halim PK) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Evakuasi WNI, dengan menggunakan Pesawat TNI AU Boeing 737.

Satgas Evakuasi WNI di Sudan dilepas secara resmi oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, bertempat di Baseops Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (24/4/2023).

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan bahwa, konflik bersenjata di Sudan sudah semakin mengkhawatirkan.

Menurut Panglima TNI, kondisi ini dapat membahayakan keselamatan Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini berada di Sudan.

Diperlukan kehadiran TNI guna menyelamatkan WNI tersebut, sesuai dengan salah satu tugas pokok yang diamanatkan kepada TNI yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan di manapun mereka berada.

Baca Juga: Viral Ibu Kehilangan Anak Usia 18 Bulan di Stasiun Pasar Turi, Ekspresi Paniknya bikin Gak Tega

"Tugas penjemputan WNI ke Sudan adalah tugas mulia sekaligus kehormatan yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, ingatlah bahwa kalian tidak hanya mewakili TNI namun juga sebagai duta bangsa Indonesia", jelas Panglima TNI dikutip dari website tni.mil.id, Selasa (25/4/2023).

TNI melakukan hal sama di Afghanistan dan Ukraina

Lebih lanjut Panglima TNI menyebut misi evakuasi seperti ini bukan yang pertama kali dilaksanakan oleh TNI.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini