Termasuk saat Lebaran, Ini 4 Hari yang Diharamkan untuk Puasa

Hadi Mulyono
Minggu 30 April 2023, 10:44 WIB
Hari yang diharamkan puasa. (Sumber : pixabay.com/Mae)

Hari yang diharamkan puasa. (Sumber : pixabay.com/Mae)

LABVIRAL.COM - Bagi kita umat muslim, menjalankan ibadah puasa merupakan salah satu jalan menuju ketakwaan karena sudah sesuai dengan perintah Allah.

Dalam agama Islam, dikenal beberapa jenis puasa antara lain puasa wajib yang harus dikerjakan pada bulan Ramadan, serta puasa sunnah yang tidak harus dikerjakan.

Menariknya meski ibadah yang satu ini diperintahkan Allah, tetapi terdapat beberapa hari yang justru diharamkan untuk berpuasa. Hari apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Baca Juga: Hukum Menggabungkan Qadha Puasa Ramadan dengan Puasa Syawal

1. Tanggal 1 Syawal

Hari lebaran Idul Fitri yang jatuh setiap tanggal 1 Syawal diharamkan untuk berpuasa.

Dari Umar bin Khattab ra ia berkata, "Pada kedua hari ini Nabi saw telah melarang orang berpuasa, yaitu pada Hari Raya Idul Fitri sesudah Ramadan dan Hari Raya Idul Adha sesudah wukuf di Arafah." (HR. Bukhari)

2. Tanggal 10 Zulhijah

Masih ada kaitannya dengan hadis di atas, tanggal 10 Zulhijah yang merupakan hari raya Idul Adha juga diharamkan untuk berpuasa.

Hukum ini ditegaskan dalam riwayat lain dari Abu Ubaid, majikan Ibnu Azhar yang namanya Sa'ad bin Ubaid bahwa ia berkata, "Aku pernah Sholat Id bersama Umar bin Khattab ra lalu ia berkata, "Ini adalah dua hari (Idul Fitri dan Idul Adha), maka Rasulullah saw melarang puasa pada dua hari ini, yaitu hari berbuka bagi kalian dari puasa kalian dan hari yang lain ketika kalian memakan dari hewan kurban kalian."

Baca Juga: Doa Buka Puasa Syawal Sesuai Sunnah, Penyempurna Ibadah Setelah Ramadan

3. Tanggal 11-12 Zulhijah

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini