3 Keistimewaan Tiga Ayat Terakhir Surah Al Baqarah Jika Sering Dibaca

Hadi Mulyono
Selasa 02 Mei 2023, 20:40 WIB
Ilustrasi Surah Al Baqarah. (Sumber : pixabay.com/ Joko Narimo)

Ilustrasi Surah Al Baqarah. (Sumber : pixabay.com/ Joko Narimo)

LABVIRAL.COM - Tiga ayat terakhir Surah Al Baqarah bisa memberi banyak manfaat bagi pembacanya yang rutin mengamalkan.

Ayat 284-286 surah yang diturunkan di kota Madinah tersebut biasa dibaca dalam berbagai acara seperti yasinan, tahlilan, ziarah kubur dan lain sebagainya.

Nah, di bawah ini merupakan beberapa keistimewaan tiga ayat terakhir Surah Al Baqarah yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Doa Khatam Al-Qur'an Lengkap, Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia

1. Dijauhkan dari gangguan setan

Dari An-Nu'man ibnu Basyir, dari Nabi saw bersabda, "Sesungguhnya Allah telah menulis Kitab-Nya sebelum menciptakan langit dan bumi dalam jangka dua ribu tahun. Dia menurunkan dua ayat darinya untuk mengakhiri Surah Al-Baqarah dengan keduanya. Tidaklah ayat-ayat itu dibaca di dalam sebuah rumah selama tiga malam, melainkan setan tidak ada yang berani mendekatinya." (HR. Imam Hakim, Imam Tirmidzi).

Kemudian dalam hadis lain dari Ibnu Mas'ud, Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa membaca empat ayat dari awal Surah Al-Baqarah, ayat kursi, dan dua ayat setelah ayat kursi, tiga ayat terakhir Al Baqarah. Maka dia dan keluarganya tidak dapat didekati setan dan segala sesuatu yang tidak disukainya. Selain itu, ayat-ayat tersebut juga dibacakan kepada orang yang gila, kecuali orang tersebut akan sembuh." (HR. Ad-Darimi).

Baca Juga: 3 Keutamaan Membaca Surah Al-Qadr pada Bulan Ramadan

2. Menyembuhkan orang yang sakit jiwa

Dari Abdullah bin Ahmad ia bercerita, "Ketika aku berada di sisi Rasulullah saw, tiba-tiba datang seorang Badui dan berkata, 'Wahai baginda Nabi, sesungguhnya aku memiliki saudara laki-laki yang sakit.'

Kemudian Rasulullah saw menjawab, “Apa penyakitnya?” Dia berkata, “Ada sedikit kegilaan padanya.” Beliau bersabda, “Bawa dia ke hadapanku.”

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini