5 Hadits tentang Silaturahmi, Jangan Sekali-kali Putuskan Persaudaraan

Hadi Mulyono
Sabtu 13 Mei 2023, 19:42 WIB
Ilustrasi hadits tentang persaudaraan. (Sumber : pexels.com/Nadim Shaikh)

Ilustrasi hadits tentang persaudaraan. (Sumber : pexels.com/Nadim Shaikh)

LABVIRAL.COM - Ada begitu banyak hadits tentang silaturahmi yang menjadi bukti kalau hubungan antar sesama manusia ini begitu penting dalam kehidupan.

Tak main-main, silaturahmi harus senantiasa dijaga oleh setiap manusia karena bisa mengantarkan seseorang menuju surganya Allah.

Nah, di bawah ini Labviral.com telah mengumpulkan beberapa dalil tentang pentingnya silaturahmi yang diambil dari hadits Nabi Muhammad saw. So, simak sampai bawah artikel ini yuk!

Baca Juga: Peringatan Hardiknas 2023, Hadis Tuntutlah Ilmu Sampai Negeri China Palsu?

1. Silaturahmi agar masuk surga

Dalam sebuah hadits dikatakan, "Wahai manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah tali persaudaraan, salatlah di malam hari ketika manusia terlelap tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat." (HR Ibnu Majah).

2. Silaturahmi harus selalu disambung

"Setelah Allah menciptakan semua makhluk, maka rahim pun berkata; 'Inikah tempat bagi yang berlindung dari terputusnya silaturahim (Menyambung silaturahim).' Allah menjawab: 'Benar. Tidakkah kamu rela bahwasanya Aku akan menyambung orang yang menyambungmu dan memutuskan yang memutuskanmu? ' Rahim menjawab; 'Tentu, wahai Rabb' Allah berfirman: 'ltulah yang kamu miliki.'

Setelah itu Rasulullah saw bersabda: 'Jika kamu mau, maka bacalah ayat berikut ini: Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan berbuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan?” QS Muhammad: 22. (HR Bukhari).

Baca Juga: Bacaan Doa Shalat Istikharah Sesuai Hadis, Arab, Latin dan Artinya

3. Silaturahmi memperlancar rezeki

Rasulullah saw bersabda, "Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturahmi." (HR Bukhari).

4. Memutus silaturahmi adalah dosa

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini