Apa Itu Meditasi? Kenali Jenis-jenisnya dan Manfaatnya

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 14 Mei 2023, 23:23 WIB
Ilustrasi wanita sedang bermeditasi untuk mencari ketenangan. (Sumber : Pixabay.com/Pexels)

Ilustrasi wanita sedang bermeditasi untuk mencari ketenangan. (Sumber : Pixabay.com/Pexels)

LABVIRAL.COM - Apa itu meditasi? Pernyataan tersebut banyak disampaikan warga Indonesia di mesin pencariaan Google.

Meditasi adalah adalah kegiatan memusatkan dan menjernihkan pikiran, sehingga bisa merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif. 

Jenis-jenis meditasi berikut ini yang bisa bantu hilangkan stres:

1. Meditasi berjalan

Jenis meditasi pertama yang bisa dicoba untuk hilangkan stres adalah dengan meditasi berjalan. Jenis meditasi ini melibatkan berjalan dengan kesadaran penuh, dengan fokus pada pernapasan dan gerakan tubuh.

Jenis meditasi ini dapat membantu meredakan stres dan kecemasan, serta membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus. Gejala Monday blues yang sering dialami pun perlahan bisa hilang jika menerapkan meditasi ini.

Baca Juga: Apa Itu Diare? Penyebabnya Bakteri hingga Konsumsi Obat-obatan

2. Meditasi pernafasan

Meditasi kedua yang bisa dicoba untuk hilangkan stres gara-gara Monday blues adalah meditasi pernafasan. Jenis meditasi ini melibatkan fokus pada pernapasan, baik itu pernapasan dalam atau pernapasan keluar, dengan menghilangkan gangguan pikiran.

Ini dapat membantu menenangkan sistem saraf dan meredakan stres. Jenis meditasi pernafasan ini bisa dilakukan di rumah pada saat hari libur.

3. Meditasi mantra

Jenis meditasi berikutnya adalah meditasi mantra. Jenis meditasi ini merupakan teknik meditasi sederhana bagi yang baru mengenal dunia meditasi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini