Artis dan Pemilu di Indonesia

Agus Surono
Jumat 19 Mei 2023, 19:21 WIB
Ilustrasi, pelanggaran pemilu

Ilustrasi, pelanggaran pemilu

LABVIRAL.COM - Keterlibatan artis dalam ajang pemilihan umum (pemilu) di Indonesia dari pemilu ke pemilu secara kuantitas semakin meningkat. Hal tersebut dapat ditelusuri dari daftar calon legislatif di masing-masing partai politik yang mendaftarkan nama-nama artis sebagai jagoannya.

Popularitas atau tingkat kedikenalan yang dimiliki seorang artis menjadi modal besar untuk meraup suara. Tentu suara di sini penting bagi partai politik yang mencalonkan dan sang artis itu sendiri.

Meskipun juga disadari, popularitas belum tentu berbanding lurus dengan elektabilitas, tapi tidak dinafikan perannya juga cukup krusial.

Orang akan memilih kepada orang yang dikenalnya daripada yang tidak dikenalnya. Disinilah posisi seorang artis cukup diuntungkan.

Sejarah keterlibatan artis dalam setiap pemilu di Indonesia sudah dimulai sejak zaman orde lama pada masa pemerintahan Soekarno.

Dalam buku Elections as Popular Culture in Asia (2007), mengungkap, bahwa Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra) dikenal menjadi  tulang punggung aktivitas kampanye PKI. Di mana pada saat itu media televisi belum dilirik sebagai media kampanye yang efektif.

Pasca orde lama, yakni orde baru di bawah kepemimpinan Soeharto, peran artis di setiap kampanye semakin masif. Munculnya kebijakan Fusi partai atau penyederhanaan partai politik yang membagi menjadi tiga partai politik, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Golongan Karya (Golkar), dan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) ikut memengaruhi intensitas artis dalam gelaran Pemilu.

Salah satu partai yang mampu melakukan kapitalisasi peran artis adalah Golkar.

Pada tahun 1971, Golkar sudah menggunakan jasa atau peran artis yang memiliki popularitas tinggi di masyarakat. Di tahun yang sama dibentuk Organisasi Artis Safari Golkar untuk mengajak artis-artis keliling berkampanye. Dan pada tahun 1992, Golkar secara intensif menggunakan artis dalam kampanye terbuka dan acara-acara di TVRI dan RRI.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkini