Merasa Sedih Usai Berhubungan Seks, Ada Masalah Apa?

Bonifasius Sedu Beribe
Jumat 02 Juni 2023, 00:13 WIB
Merasa Sedih Usai Berhubungan Seks, Ada Masalah Apa? (SUMBER: Freepik.com)

Merasa Sedih Usai Berhubungan Seks, Ada Masalah Apa? (SUMBER: Freepik.com)

LABVIRAL.COM – Memang, banyak pasangan yang begitu bahagia menikmati hubungan seksual. Tapi, tak sedikit juga yang sedih, bahkan takut saat dan sesudah melakukan hubungan suami istri.

Semoga kamu adalah pasangan yang menyukai momen mesra berdua ini. Karena diluar sana, banyak pasangan yang menganggap hubungan seks sebagai sebuah teror yang menakutkan. Alih-alih bisa menikmati pillow talk seusai bercinta, episode ujung ini kerap menjadi momen yang sangat menghantui.

Baca Juga: Mengapa Orang Suka Merekam Aktivitas Seksual dengan Pasangannya?

Lalu apa masalahnya jika merasa sedih atau takut usai bercinta?

Dijelaskan Dokter G. Maria Silvia, M.Sc, SpMK melalui chanel Youtube Dokter 24 yang dikutip Labviral.co, Dokter Silvia menjelaskan bahwa memang ada orang yang mengalami suasana hati yang buruk pasca berhubungan seks, padahal aktivitas hubungan seks ini dilakukan tanpa paksaan.

“Keadaan ini disebut post seks blues, dan bisa dialami pria maupun wanita,” katanya.

Dokter Silvia merinci bahwa post seks blues tak hanya membawa perasaan sedih, tapi beberapa keadaan lebih buruk dan berkepanjangan dari itu, bisa menyertainya. Misalkan, penyesalan, perasaan tidak berharga hingga frustasi.

“Termasuk percaya diri menurun atau bahkan marah. Padahal, aktivitas seksnya atas dasar suka sama suka atau saling mencintai,” sambungnya.

Baca Juga: Yang Punya Asam Urat, Coba Tekan dengan Seks Teratur

Sayangnya, penyebab post seks blues belum diketahui secara pasti. Namun, para ahli menduga bahwa post seks blues bisa muncul karena beberapa faktor, misalnya perubahan kadar hormon, depresi pasca melahirkan, termasuk rasa tidak nyaman pada tubuh sendiri.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini