Tips Mengendarai Sepeda Motor Trail di Trek Berpasir

Yowan R
Jumat 22 September 2023, 15:46 WIB
Ilustrasi mengendarai motor trail di trek berpasir (Sumber : eigeradventure.com)

Ilustrasi mengendarai motor trail di trek berpasir (Sumber : eigeradventure.com)

LABVIRAL.COM - Mengendarai sepeda motor jenis trail ini sebenarnya gampang-gampang susah. Sebab, motor trail ini memiliki struktur yang berbeda dari motor bebek, motor matic, atau motor sport biasanya. Motor trail memiliki ukuran yang jangkung dengan mesin yang lebih bertenaga tentunya.

Motor trail ini biasanya digunakan untuk menerjang berbagai trek, baik itu di daerah pegunungan dengan banyak bebatuan, di trek berlumpur dan berair, maupun di trek berpasir.

Dari berbagai trek yang dapat dilalui oleh motor trail ini, trek berpasir bisa dikatakan sebagai trek yang cukup sulit dilalui. Selain tekstur pasir yang terlalu lembut, serpihan pasir pun dapat memercik ke arah manapun, tak terkecuali ke arah pengendara sendiri.

Karena itu, untuk mengendarai motor trail di trek berpasir kamu harus tahu bagaimana cara yang benar. Seperti apa cara mengendarai motor trail di trek berpasir? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Gunakan perlengkapan berkendara

Sebelum mulai mengendarai motor trail di trek berpasir, kamu harus menyiapkan segala perlengkapan berkendara, seperti helm, goggles, masker hingga sepatu yang tinggi. Sebab, pasir sangat mudah memasuki sepatu dan akan membuat pengendara merasa tidak nyaman.

2. Pilih jalur jika memungkinkan

Agar mengendarai motor trail di trek berpasir berjalan lancar, jika kondisinya memungkinkan kamu dapat memilih trek pasir yang basah dan terlihat padat.

3. Pilih motor dengan torsi tinggi

Jika ada pilihan, sebelum mengendarai motor trail di trek berpasir, sebaiknya kamu memilih motor trail yang memiliki mesin dengan torsi tinggi. Sebab, di atas pasir kamu akan benar-benar membutuhkan motor yang bertenaga.

4. Turunkan tekanan angin pada ban

Saat mengendarai motor trail di trek berpasir, pastikan tekanan angin pada ban tidak terlalu keras. Jika terlalu keras, kamu bisa menguranginya sekitar 10 hingga 12 psi. Ban yang tidak terlalu keras ini akan memiliki traksi yang sangat baik diatas pasir.

5. Pindahkan beban kebagian belakang motor

Saat mengendarai motor diatas trek berpasir, usahakan pindahkan beban ke bagian belakang motor dengan cara berdiri diatas foot step. Usahakan ban depan menekan permukaan pasir secara ringan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini