Terungkap, Alasan Ilmiah Postur Pendek Messi Justru Bikin Lebih Jago Main Sepak Bola

Dian Eko Prasetio
Minggu 26 Maret 2023, 00:18 WIB
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (Sumber : Instagram/cristiano)

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (Sumber : Instagram/cristiano)

LABVIRAL.COM - Pemain sepak bola cenderung memiliki tinggi di atas rata-rata. Hal ini karena pemain sepak bola diharapkan memenangkan duel bola-bola atas. 

Namun, ada perbedaan dengan Lionel Messi. Meskipun tingginya hanya 169 cm, itu bukan kendala untuk tampil cemerlang. Buktinya dia mampu mengantarkan Argentina menjuarai Piala Dunia 2022. 

Menurut berbagai penelitian, postur pendek justru dapat dimanfaatkan pemain sepak bola untuk bermain lebih baik dari lawannya.

Banyak pemain sepak bola yang membuktikan keunggulan postur pendek tersebut. Sebut saja Maradona (165 cm), atau Andres Iniesta (171 cm) yang mampu mengantar Spanyol jadi juara Piala Dunia 2010.

Baca Juga: 4 Fakta Jubah Hitam Bisht Milik Lionel Messi

Keunggulan Gerak

Profesor Ilmu Olahraga Universitas Willamette, Stasinos Stavrianeas menyebut orang yang lebih pendek memiliki pola langkah yang lebih cepat dan sigap.

Pemain sepak bola dengan postur pendek dapat mengubah arah lebih cepat daripada orang tinggi, dan memiliki kendali yang lebih baik atas anggota tubuhnya.

Kondisi tersebut membuat pemain sepak bola dengan postur pendek lebih sulit dihadang oleh bek lawan dan menjadikan ancaman yang lebih berbahaya.   

Lalu, apalagi alasan ilmiah yang membuktikan pemain sepak bola dengan postur pendek lebih menguntungkan kariernya?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini