Mengenal Flu Unta, Penyakit yang Sempat Menyerang Timnas Prancis di Piala Dunia 2022

Dian Eko Prasetio
Minggu 26 Maret 2023, 17:52 WIB
Timnas Prancis (Sumber : es.an.com)

Timnas Prancis (Sumber : es.an.com)

LABVIRAL.COM - Lima pemain Timnas Prancis, dikabarkan terkena flu unta. Kabar ini dikonfirmasi oleh manager Prancis, Didier Deschamps pada Jumat 16 Desember 2022 lalu.

Mereka adalah Kingsley Coman, Dayot Upamecano, Adrien Rabiot, Raphael Varane dan Ibrahima Konaté. Lantas apa itu flu unta yang menyerang Timnas Prancis jelang Final Piala Dunia 2022 ini?

Apa itu flu unta?

Dikutip dari DailyMail, Sabtu, 17 Desember 2022, Deschamps mengonfirmasi bahwa anggotanya terserang flu unta tersebut.

"Kami memiliki gejala mirip flu. Kami berusaha untuk berhati-hati agar tidak menyebar. Para pemain telah berusaha keras di lapangan dan jelas sistem kekebalan tubuh mereka menurun.” 

Adapun penjelasan tentang flu unta, melansir dari en.as.com, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal "New Microbes and New Infections" dijelaskan bahwa camel flu atau flu unta yang dikenal juga dengan sebutan Middle East Respiratory Syndrome (MERS) adalah penyakit pernapasan, disebabkan oleh Middle East respiratory syndrome coronavirus (MERSCoV), virus zoonosis yang dapat ditularkan antara hewan dan manusia dengan unta menjadi penghubung utama antara keduanya.

Baca Juga: Kisah Hidup Lionel Messi: Pernah Alami Masalah Pertumbuhan sampai Bergelimang Rekor

Kasus flu unta di berbagai negara berdasarkan catatan WHO

Penyakit ini sudah diidentifikasi pertama kali di Arab Saudi di tahun 2012 dan sejak saat itu sudah tercatat 2600 kasus pada manusia yang dikonfirmasi laboratorium, dan sudah terjadi hampir 1000 kematian di seluruh dunia disebabkan oleh flu unta.

Berdasarkan keterangan WHO, flu unta menular ke manusia dari unta dromedaris yang terinfeksi. Flu unta telah diidentifikasi pada unta dromedari di beberapa negara di Timur Tengah, Afrika, dan Asia Selatan.

WHO juga menyebut bahwa penularan antar manusia juga mungkin terjadi. Sejak 2012, terdapat data yang menyebutkan 27 negara telah melaporkan kasus flu unta, yang menyebabkan 858 kematian akibat infeksi tersebut. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini